Analisis strategi pemasaran usaha kopi Jenggirat santri pondok pesantren an-Nuur al-Fadhol Srono, Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arini, Isa Zulfarida (2023) Analisis strategi pemasaran usaha kopi Jenggirat santri pondok pesantren an-Nuur al-Fadhol Srono, Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isa Zulfarida A_G94219162 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Isa Zulfarida A_G94219162.pdf

Download (6MB)

Abstract

Transformasi kegiatan pondok pesantren dengan menghidupkan peran sosial ekonomi, tetapi masih banyak yang belum memiliki tujuan jangka panjang dan kesiapan di bidang ekonomi. Pemerintah menciptakan program OPOP untuk ekonomi pesantren, namun belum semua pondok pesantren mampu mengelola entrepreneur dengan baik. Dengan menilai strategi yang digunakan, dapat melihat apakah pesantren sudah sesuai core bisnis yang benar dalam menjalankan kegiatan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh usaha Kopi Jenggirat Santri dan faktor-faktor pendukung serta penghambat strategi pemasaran Kopi Jenggirat Santri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif yang bersifat induktif. Data yang bersifat primer, diperoleh dari wawancara pihak pesantren, kuesioner dan observasi lapangan. Selain itu juga didukung data sekunder dengan menelaah dokumen-dokumen yang relevan seperti arsip ponpes, foto, penelitian terdahulu, maupun website yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan terkait langkah-langkah pemasaran yang digunakan Kopi Jenggirat Santri bisa dikatakan masih sangat kurang menurut parameter teori strategi pemasaran. Hal ini bisa dilihat dengan pelaksanaannya yang hanya mengalir tanpa dasar-dasar pemasaran yang kuat, sehingga aspek- aspek pemasaran belum terpetakan dengan jelas, penggunaan promosinya yang belum intens, dan sistem manajemen maupun kerjasama yang masih kacau. Padahal punya potensi dan peluang untuk melaksanakan strategi pemasaran yang lebih baik. Berdasarkan matriks IE, usaha Kopi Jenggirat Santri terletak pada posisi kuadran 2 dan diagram SWOT pada posisi kuadran 1, dimana posisi tersebut mendukung adanya growth oriented strategy. Dari analisis SWOT tersebut, didapatkan beberapa strategi yang bisa diterapkan Kopi Jenggirat Santri dengan menggunakan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang harus dihadapi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada usaha Kopi Jenggirat Santri agar mampu memfokuskan potensi yang dimiliki untuk memperluas pangsa pasar, meningkatkan efektivitas promosi offline dan marketplace dan memperbaiki pengelolaan manajemen. Selain itu, kedepannya program OPOP bisa melakukan pengkualifikasian terkait sasaran-sasaran pesantren yang memang memiliki karakter sebagai pesantren yang benar-benar siap untuk didampingi, dan mempunyai potensi atau melakukan kurasi pada produk pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arini, Isa Zulfaridaisazulfarida03@gmail.comG94219162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustianto, Mochammad Andremochammad.andre@uinsby.ac.id2011089003
Subjects: Pemasaran
Pesantren
Keywords: Strategi pemasaran; pesantren; kopi Jenggirat Santri; analisis SWOT; OPOP
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 76004 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:05
Last Modified: 01 Dec 2023 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66631

Actions (login required)

View Item View Item