Tinjauan hukum pidana islam terhadap putusan nomor 294/pid.sus/2021/pn.blt tentang peredaran obat keras pil dobel l tanpa izin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anfasa, Muhammad Farid (2023) Tinjauan hukum pidana islam terhadap putusan nomor 294/pid.sus/2021/pn.blt tentang peredaran obat keras pil dobel l tanpa izin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Farid Anfasa_C03217022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 December 2026.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Farid Anfasa_C03217022 OK.pdf

Download (832kB)

Abstract

Karya ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang diperoleh melalui studi kepustakaan (Library research). Data yang diperoleh merupakan data yang berupa sebuah putusan berkekuatan hukum yang selanjutnya ditelaah dengan kepustakaan. Jenis data yang dikumpulan adalah jenis data primer dan data sekunder. Yang selajutnya dikumpulkan dan dilakukan penelitian terkait kesesuaan dengan permasalahan yang sedang dibahas. Data yang telah terkumpul tersebut, lalu disusun secara sistematis, dengan cara analisis deskriptif dengan pola piker deduktif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa pertimbangan hakim dalam putusan Nomor 249/Pid.Sus/2021/PN.Blt tentang peredaran obat keras Pil dobel L tanpa izin merupakan pertimbangan yang sesui dengan ketentuan hukum positif dengan menyebutkan unsur-unsur pidana didalamnya. Namun, dalam perspektif hukum Islam, hakim tidak memberikan pertimbangan yang memberatkan karena dampak peredaran barang haram tersebut dampat menimbulkan kerusakan didalam masyarakat, yang mana Syariat memberikan ancaman yang besar terhadap orangorang yang menimbulkan kerusakan diatas bumi. Berkaitan dengan kesimbulan diatas, penulis menyampaikan beberapa saran: pertama, untuk Ulil Amri yang berwenang menegakan hukum, sepatutnya mempertimbangakan unsur-unsur yang dapat menimbulakan dampak kerusakan yang luas, agar putusan akhir menjadi putusan yang memberi dampak positif didalam masyarakat dan memberi dampak jera pada pelaku, serta dampak ancaman bagi pihak yang akan melakukan Tindakan pidana, terutama yang merugikan masyarakat luas. Kedua, kepada masyarakat untuk sadar akan bahaya zat-zat yang dampat merusak tubuh serta dapat menimbulkan dosa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anfasa, Muhammad Faridanfasafarid@gmail.comC03217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Peredaran Obat; obat keras; Pil dobel L
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:48
Last Modified: 12 Dec 2023 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66759

Actions (login required)

View Item View Item