Analisis implementasi Sistem Informasi Manajemen Madrasah (SIMAS) dengan metode pieces di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Krismananda, Muchammad Wildan (2023) Analisis implementasi Sistem Informasi Manajemen Madrasah (SIMAS) dengan metode pieces di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Wildan Krismananda_D93219087 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 December 2026.

Download (3MB)
[img] Text
Muchammad Wildan Krismananda_D93219087.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Implementasi Sistem Informasi Manajemen Madrasah di MINU Pucang Sidoarjo, Implementasi SIMAS di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo, dan Hasil Analisis PIECES dalam Implementasi SIMAS di MINU Pucang Sidoarjo. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Developer SIMAS, Operator Sistem, dan User Pengguna SIMAS. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) SIM madrasah di MINU Pucang dikeloka dengan maksimal sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya secara online melalui website; (2) SIMAS di MINU Pucang berfungsi sebagai pangkalan data yang difungsikan untuk kepentingan internal madrasah; (3) Secara Keseluruhan SIMAS memiliki kinerja secara optimal, menghasilkan informasi yang cukup aktual, biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan tidak begitu banyak, keamanan sistem sudah mendukung, cukup efisien walaupun masih perlu diingtakan untuk penginputan data, pelayanan yang dilakukan cukup maksimal karena masih terkontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Krismananda, Muchammad Wildanmwildankrismananda@gmail.comD93219087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorMa'arif, Syamsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Implementasi Sistem Informasi Manajemen Madrasah (SIMAS); metode pieces
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchammad Wildan Krismananda
Date Deposited: 28 Dec 2023 05:15
Last Modified: 28 Dec 2023 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66911

Actions (login required)

View Item View Item