Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan budaya organisasi sebagai variabel moderasi di Masjid Agung Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazila, Alifia Putri Rochmatun (2023) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan budaya organisasi sebagai variabel moderasi di Masjid Agung Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifia Putri Rochmatun Nazila_04020420019.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alifia Putri Rochmatun Nazila_04020420019_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui apakah hubungan antara lingkungan kerja dengan kinerja karyawan dapat dimoderasi oleh budaya organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan hipotesis deskriptif. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa PLS untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Masjid Agung Tuban. Dari hasil uji hipotesis, diketahui nilai t-statistic menunjukkan 1.98 > 1.96 dan nilai p value sebesar 0.048 < 0.05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh dan nilai koefisien jalur sebesar 0.445 menunjukkan nilai positif atau searah. Oleh karena itu, apabila semakin baik lingkungan kerja maka akan semakin baik pula kinerja karyawan, begitupun sebaliknya, semakin rendah lingkungan kerja maka semakin rendah pula kinerja karyawan. (2) Lingkungan kerja memiliki hubungan terhadap kinerja karyawan sebesar 0.697. Perolehan nilai tersebut menjelaskan bahwa kemampuan lingkungan kerja dalam mempengaruhi kinerja karyawan masuk dalam kategori moderat yaitu 69.7% (pengaruh sedang). sedangkan 30.3% sisanya merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Maka, variabel lingkungan kerja mengandung hubungan dengan kekuatan moderat terhadap kinerja karyawan di Masjid Agung Tuban dengan nilai pengaruh 69.7%. (3) Budaya organisasi tidak dapat memoderasi hubungan antara lingkungan kerja dengan kinerja karyawan. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi nilai t-statistics sebesar 1.314 < 1.96. Sedangkan nilai p-values yang didapatkan sebesar 0.189 > 0.05, sehingga hipotesis ditolak. Kemudian, nilai koefisien jalur adalah negatif (-0.104) dan berlawanan arah. Oleh karena itu, budaya organisasi tidak dapat memperkuat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Namun budaya organisasi memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazila, Alifia Putri Rochmatunalifiaprnazila@gmail.com04020420019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Organizational culture; employee performance; work environment; moderating variables
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Alifia Putri Rochmatun Nazila
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:37
Last Modified: 05 Feb 2024 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67225

Actions (login required)

View Item View Item