إستراتيجية التهذيب اللغوي في مسرحية "هاروت وماروت" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diyanah, Fahma Hurrosatud (2024) إستراتيجية التهذيب اللغوي في مسرحية "هاروت وماروت" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahma Hurrosatud Diyanah_03020120041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi utama yang selalu digunakan masyarakat. Dalam perkembangan yang semakin modern, bahasa seringkali digunakan tanpa melihat kesantunan yang telah ditetapkan dalam komunikasi. Hal ini yang membuat peneliti ingin meneliti terkait strategi kesantunan berbahasa di dalam drama. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan strategi dan kesantunan berbahasa dalam teks drama “Harut dan Marut” karya Ali Ahmad Bakatsir. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode membaca, mencatat, dan kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini mengungkapkan berbagai strategi dan prinsip kesantunan berbahasa yang diterapkan dalam drama Harut dan Marut. Adapun hasil dari penelitian strategi kesantunan berbahasa menurut Brown dan Levinson dalam drama Harut dan Marut karya Ali Ahmad Bakatsir terdapat 12 jenis strategi kesantunan terus terang, 8 strategi kesantunan negatif, 5 strategi kesantunan positif, dan 6 strategi kesantunan samar-samar. Implikasi penelitian ini mencakup pentingnya pengembangan berbahasa pada masyarakat bagaimana bertutur dengan baik sehingga bisa menciptakan lingkungan yang memperhatikan kesantunan berbahasan yang efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi masyarakat dalam meningkatkan komunikasi berbahasa yang berkualitas dan harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diyanah, Fahma Hurrosatudfahmadiyanah@gmail.com03020120041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Akhlak
Bahasa Arab
Komunikasi Islam
Linguistik
Keywords: Pragmatik; Kesantunan Berbahasa; Strategi Kesantunan Berbahasa; Drama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fahma Hurrosatud Diyanah
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:08
Last Modified: 17 Jan 2024 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67288

Actions (login required)

View Item View Item