This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faizah, Abyati (2023) Perlindungan hak pendidikan anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual di kecamatan sambit kabupaten Ponorogo menurut hukum positif dan hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Abyati Faizah_05020120031 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abyati Faizah_05020120031 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 January 2027. Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul Perlindungan Hak Pendidikan Anak Penyandang Disabilitas Fisik dan Intelektual di Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Memurut Hukum Positif dan Hukum Islam" ditulis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual memperoleh hak pendidikan di Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo dan bagaimana amalias perlindungan hak pendidikan anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual di Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo menurut hukum positif dan hukum Islam. Skripsi ini termasuk penelitian hukum empiris yang data utamanya diperoleh dari wawancara dan studi dokumentasi terkait perlindungan hak pendidikan anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual di Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo, yang kemudian akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan ditarik kesimpulan secara induktif. Data primer yang digunakan yakni hasil wawancara penulis dengan beberapa anak penyandang disabilitas dan keluarganya, guru SLB Kecamatan Sambit dan Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo yang kemudian dianalisis menggunakan hukum positif dan hukum Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama perlindungan hak pendidikan anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual di Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo sudah dilindungi, tetapi dalam perlindungan belum merata secara maksimal pada semua anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual di Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo, karena masih ada faktor yang mempengaruhi, seperti kurangnya ekonomi dalam keluarga, kurang adanya sarana prasarana dalam menunjang pendidikan dan adanya adanya diskriminasi dari masyarakat sekitar Kedua Perlindungan hak pendidikan anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual menurut hukum positif dan hukum Islam juga belum merata dikarenakan kurang pemahaman tentang kewajiban mendapatkan pendidikan pada keluarga yang mengurusi dan anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual. Sejalan dengan uraian di atas, maka perlunya pemahaman kepada anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual dan keluarga yang mengurusi tentang pentingnya mendapatkan perlindungan hak pendidikan, selain itu juga perlunya perhatian dari berbagai pihak dalam memberikan dukungan, bantuan, edukasi dan motivasi kepada anak penyandang disabilitas fisik dan intelektual untuk mendapatkan pendidikan yang baik
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Hukum Islam | ||||||||
Keywords: | Perlindungan; hak pendidikan; penyandang disabilitas fisik dan intelektual | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam | ||||||||
Depositing User: | Abyati Faizah Faizah | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2024 04:16 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2024 04:16 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67333 |
Actions (login required)
View Item |