Maraknya kerja part time di kalangan mahasiswa di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Dwi Anggita (2023) Maraknya kerja part time di kalangan mahasiswa di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Anggita Febrianti_10040320085 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dwi Anggita Febrianti_10040320085 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena kerja part time dikalangan mahasiswa di Kota Surabaya, dampak kerja part time bagi mahasiswa di Kota Surabaya, serta strategi mahasiswa dalam memanage waktu antara kerja dan kuliah. Penelitian ini merupakan sebuah penelitin deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada anak muda yang berstatus mahasiswa di Kota Surabaya yang melakukan kerja part time. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja part time di kalangan mahasiswa di kota Surabaya sangat marak. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor seperti karena keinginan pribadi untuk kuliah sambil bekerja, serta pengaruh yang bersal dari lingkungan sekitarnya sehingga mendorong mahasiswa untuk melakukan kerja part time. Dampak kerja part time diantaranya dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yakni mahasiswa yang kuliah sambil bekerja bisa memiliki pengalaman didunia kerja, bisa menghasilkan pendapatan sendiri, menumbuhkan sikap mandiri dan memiliki tanggung jawab antara kuliah dan pekerjaan, serta bisa memenejemen waktu dengan baik. Dampak negatifnya adalah jam tidur tidak teratur, waktu belajar menjadi terbatas karena memiliki banyak kesibukan, interaksi di lingkungan kampus terbatas sehingga menjadikan rengganya komunikasi dengan teman kuliah. Strategi mahasiswa dalam memanage waktu antara waktu kuliah dengan waktu bekerja adalah dengan mengambil mata kuliah atau mencari pekerjaan yang waktunya berbeda supaya tidak mengalami bentrok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Dwi Anggitaanggitafebrianti080@gmail.com10040320085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Ekonomi
Karier
Keywords: Fenomena; kerja part time; mahasiswa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Dwi Anggita Febrianti
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:55
Last Modified: 18 Jan 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67497

Actions (login required)

View Item View Item