PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTS AT – TAUHID SURABAYA.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasikhah, I’im Nurrun (2015) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTS AT – TAUHID SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah pendidikan, pada zaman sekarang ini terkadang Guru lalai akan kewajibannya untuk mencerdaskan anak didiknya dikarenakan adanya keperluan pribadi yang berdampak kurang baik kepada peserta didik. Oleh karena itu pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas relevan dengan pembangunan dapat diselenggarakan secara efektif lewat pengembangan pendidikan yang berkualitas pula. Di lembaga pendidikan tentunya membutuhkan guru yang profesional dalam proses belajar mengajar, karena guru adalah seorang yang bertanggung jawab dalam mengantarkan anak didiknya memiliki keilmuan yang tinggi.
Dari uraian tersebut diatas bahwa keberhasilan pendidikan sebagian besar ditentukan oleh mutu profesionalisme seorang guru. Guru agama yang professional bukanlah guru yang hanya dapat mengajar dengan baik, tetapi juga guru yang selain mendidik, dapat memberi motivasi.
Untuk itu selain harus menguasai ilmu yang diajarkan, seorang guru juga harus memiliki Akhlak yang mulia dan menjadi motivator. Guru juga harus meningkatkan pengetahuannya dari waktu ke waktu, sesuai dengan perkembangan zaman. Karena itu perlu mengadakan penelitian dengan merumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana profesionalisme guru di MTs At – Tauhid Surabaya? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di MTs At – Tauhid Surabaya? (3) Adakah pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs At – Tauhid Surabaya? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Tehnik pengumpulan
datanya menggunakan tehnik interview, observasi, angket dan dokumentasi. Langkah – langkah yang dilakukan peneliti, pertama peneliti melakukan observasi lapangan dan kelas, kemudian melakukan interview dengan kepala sekolah dan guru Aqidah Akhlak kelas VII, data peneliti menggunakan analisis prosentase dan regresi linier. Populasi yang diambil sebanyak 35 siswa, data dikumpulkan dengan metode kuesioner. Di dalam pembahasan ini penulis bisa mendiskripsikan terkait pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa, setelah dilakukan penelitian lapangan, peneliti mendapat data yakni adanya pengaruh yang signifikan terhadap
motivasi belajar siswa. Hal ini bisa diketahui melalui prosentase antara profesionalisme guru 80,4% sedangkan motivasi belajar siswa 83,7%. Begitu juga dengan analisis linier dengan bantuan manual dan spss menunjukkan bahwa F hitung > F tabel yaitu 6,1663 > 4,17. Dengan taraf signifikansinya ialah 0,005< 0,05. Sehingga ada pengaruh signifikan profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasikhah, I’im NurrunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Keywords: Profesionalisme guru; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2016 05:05
Last Modified: 13 Jun 2016 05:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6778

Actions (login required)

View Item View Item