Stretegi komunikasi interpersonal antara pengurus masjid dan jemaah di masjid an-nur wonocolo dalam upaya memakmurkan masjid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Haikal (2024) Stretegi komunikasi interpersonal antara pengurus masjid dan jemaah di masjid an-nur wonocolo dalam upaya memakmurkan masjid. Strategi Komunikasi Interpersonal antara Pengurus Masjid dan Jemaah di Masjid An-Nur Wonocolo dalam Upaya Memakmurkan Masjid. (Unpublished)

[img] Text
Muhammad Haizul Falah_I72216044_Full.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Muhammad Haizul Falah_I72216044.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah proses komu-nikasi antara dua orang-gatau lebih yang terjadi secara langsung dan melibatkan pertukaran pesan verbal dan nonverbal. Jadi, strategi komunikasi yang penulis maksudkan adalah suatu cara atau rencana dasar yang mencakup berbagai tindakan yang akan dilakukan oleh kepengurusan masjid An-Nur Wonocolo dalam mengelola masjid dan merencanakan kegiatan diimas-jid An-Nur Wonocolo Surabaya. Penelitian ini mem iliki tujuan mengetahui strategi komunikasi interper-sonal dalam upaya memakmurkan masjid An-nur Wonocolo, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada strategi komunikasi interper-sonal dalam upaya memakmurkan masjid Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teknik pengum-pulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari transkrip wawancara, coding wawancara, kategorisasi data, dan dokumenta-si berupa foto yang diambil oleh penulis secara lang-sung.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi komunikasi interpersonal dalam upaya memakmurkan Masjid An-nur Wonocolo melalui tiga tahap. Yakni tahap perumusan dimulai dengan rapat koordinasi un-tuk merancang kegiatan serta mengumpulkan ide dan gagasan. Tahap selanjutnya adalah implementasi strategi dengan mengatur jadwal sesuai jenis kegiatan yang telah direncanakan, tahap terakhir adalah evalua-si program yang dilakukan dengan adanya evaluasi bulanan serta evaluasi keseluruhan dalam bentuk laporan pertanggung jawaban. Selain itu terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat strategi program yang berasal dari internal serta eksternal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Haikalmuhammadhaikal42699@gmail.com0404020079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDZuhri, Syaifuddinsyaifudinzuhri@uinsby.ac.id196610242014111001
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Manajemen Strategi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: haikal iksan rahman
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:29
Last Modified: 23 Jul 2024 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67860

Actions (login required)

View Item View Item