Pengaruh laju pertumbuhan penduduk, tingkat pengangguran terbuka, indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa pada tahun 2016-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferliano, Sendy (2024) Pengaruh laju pertumbuhan penduduk, tingkat pengangguran terbuka, indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa pada tahun 2016-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sendy Ferliano_08020120065 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sendy Ferliano_08020120065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pulau Jawa sebagai salah satu wilayah di Indonesia menyumbangkan PDRB terbesar dibandingkan wilayah lainnya. Pada tahun 2022 kuartal IV Pulau Jawa menyumbangkan PDRB sebesar 56,48%. Konsep yang diusung oleh teori Solow-swan menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sangat tergantung pada ketersediaan faktor-faktor produksi yang didalamnya terdapat populasi, tenaga kerja, pengumpulan modal, serta perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menguji prinsip tersebut dengan menggunakan variabel yang relevan seperti laju pertumbuhan penduduk, tingkat pengangguran terbuka,serta indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Badan Pusat Statistik. Metodologi penelitian mengadopsi regresi data panel,dimana terdapat tiga model estimasi yaitu Common Effects Model (CEM), Fixed Effects Model (FEM), Random Effects Model (REM). Untuk menentukan mana model yang paling sesuai dilakukan dua macam, yaitu uji Chow dan uji Hausmen. Hasil dari uji tersebut menunjukkan bahwa model FEM dipilih sebagai model terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model analisis regresi data panel didapatkan persamaan PEit= 13.716+ 3.660 LPPit – 2.106 TPTit – 0,0239 IPTIKit + εit. Temuan ini mengindikasikan bahwa secara parsial variabel laju pertumbuhan penduduk dan tingkat pengangguran terbuka memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi,sedangkan untuk variabel IP-TIK tidak berpengaruh secara signifikan. Secara simultan, ketiga variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebear 68,5% dalam pertumbuhan ekonomi, sementara sisanya 31,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Diharapkan dari hasil penelitian mampu memberikan suatu langkah atau kebijakan yang diambil oleh pemerintah dimana langkah tersebut akan berdampak baik bagi masyarakat. Salah satu contohnya seperti pelatihan peningkatan skill individu, memperluas lapangan kerja dan lain sebagainya. Kemudian dari sisi teknologi yang perkembangannya begitu pesat diharapkan mampu menjadi solusi yang baik serta menjadi pendorong dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia terkhusus Pulau Jawa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferliano, Sendysendy.ferliano123@gmail.com08020120065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id2006068101
Subjects: Ekonomi
Pengangguran
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Pertumbuhan Ekonomi; Laju Pertumbuhan Penduduk; Tingkat Pengangguran Terbuka; IP-TIK
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sendy Ferliano
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:11
Last Modified: 26 Jan 2024 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67909

Actions (login required)

View Item View Item