Pengaruh 6A + S sebagai indikator kualitas pelayanan prima terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat KC Surabaya KH Mas Mansyur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Muhammad Yufa (2023) Pengaruh 6A + S sebagai indikator kualitas pelayanan prima terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat KC Surabaya KH Mas Mansyur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yufa Ardiansyah_08010420025 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Yufa Ardiansyah_08010420025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kesuksesan bank sangat bergantung pada kemampuannya untuk mengidentifikasi kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap layanan keuangan, memberikan layanan tersebut dengan efisiensi, serta menawarkannya dengan harga yang bersaing. Meskipun banyak bank berusaha untuk memberikan pelayanan prima sehingga menciptakan kepuasan kepada nasabah, tetapi seringkali masih ada sejumlah masalah yang dapat muncul pada Bank Muamalat KC Surabaya KH. Mas Manyur, meliputi: ketidakcukupan staf dan pelatihan, antrian panjang di cabang, kesulitan teknis dan ketidakcukupan edukasi keuangan. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis pengaruh attitude (sikap) terhadap loyalitas nasabah secara parsial, (2) menganalisis pengaruh ability (kemampuan) terhadap loyalitas nasabah secara parsial, (3) menganalisis pengaruh attention (perhatian) terhadap loyalitas nasabah secara parsial, (4) menganalisis pengaruh action (tindakan) terhadap loyalitas nasabah secara parsial, (5) menganalisis pengaruh accountability (tanggung jawab) terhadap loyalitas nasabah secara parsial, (6) menganalisis pengaruh appearance (penampilan) terhadap loyalitas nasabah secara parsial, (7) menganalisis pengaruh sympathy (simpati) terhadap loyalitas nasabah secara parsial, (8) menganalisis pengaruh 6A+S sebagai indikator kualitas pelayanan prima terhadapa loyalitas nasabah secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diambil dari sumber primer dengan penyebaran koesioner dan sumber sekunder dari data Bank Muamalat KC Surabaya KH. Mas Mansyur, jurnal, skripsi dan buku-buku lain. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran koesioner dan studi kepustakaan. Untuk menganalisis data menggunakan uji validitas, reabilitas, asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji f) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude (sikap), ability (kemampuan), action (tindakan), attention (perhatian), accountability (tanggung jawab), appearance (penampilan), sympathy (simpati) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah secara parsial.. Hasil analisis simultan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan 24,829 > 2,10. Akibatnya, 6A + S sebagai indikator kualitas pelayanan prima berdampak positif dan signifikan secara simultan pada loyalitas nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya KH. Mas Mansyur. Peneliti memberikan saran dari penelitiannya, yaitu : (1) untuk Bank Muamalat karena terdapat masalah yang terjadi terkait pelayanan prima. Pemimpin Bank Muamalat KC Surabaya KH. Mas Mansyur harus selalu menanamkan jiwa kepemimpinan. Mereka harus melakukan yang terbaik dengan memberikan layanan prima yang baik dan memperbaiki kesalahan, (2) untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk judul yang relevan. Terlebih dahulu, peneliti harus memahami komponen yang dapat mempengaruhi kesetiaan pelanggan. Peneliti selanjutnya dapat memperluas penelitian mereka untuk mempelajari lebih banyak tentang komponen yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah. Agar penelitian yang akan dilakukan lebih luas, harus memasukkan dan menggunakan variabel moderasi dan intervening (penyela).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Muhammad Yufamuhammad.yf.ardiansyah@gmail.com08010420025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Bank dan Perbankan
Ekonomi Islam
Keywords: 6A + S; Pelayanan Prima; Loyalitas Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Yufa Ardiansyah
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:14
Last Modified: 01 Feb 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67928

Actions (login required)

View Item View Item