Peningkatan religiusitas pada kelompok difabel: studi kasus di majelis taklim Yayasan Griya Qur'an difabel Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abinnour, Dimasq Muhammad (2024) Peningkatan religiusitas pada kelompok difabel: studi kasus di majelis taklim Yayasan Griya Qur'an difabel Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimasq Muhammad Abinnour_B91219096 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Dimasq Muhammad Abinnour_B91219096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peningkatan religiusitas kelompok difabel melalui majelis taklim Yayasan Griya Qur’an Difabel Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bertipe interinsik pada periode 25 September - 30 November 2023 di tiga lokasi terkait. Menyikapi keterbatasan pada difabel, Adanya majelis taklim sebagai wadah dakwah yang tujuannya membina hubungan baik antar manusia dengan Tuhan, sesama, dan lingkungan bisa menjadi pemicu peningkatan religiusitas bagi difabel. Majelis taklim tentunya bisa menjadi sarana motivasi, harapan hidup, dan dorongan peningkatan religiusitas bagi para difabel melalui berbagai kegiatannya dan dengan bantuan para da’i yang terampil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiata-kegiatan yang ada telah meningkatkan religiusitas pada kelompok difabel dilihat dari dimensi religiusitas mereka. Ustadz Irul, Ustadzah Pawan, dan Ustadzah Suci sebagai da'i memiliki peran penting dengan metode dakwah yang mereka terapkan. Kesaksian difabel menunjukkan peningkatan keyakinan dan keterlibatan aktif dalam praktik keagamaan, dll. Meskipun demikian, diperlukan upaya lebih lanjut untuk lebih banyak menciptakan lingkungan inklusif di majelis taklim, memahami motivasi individu difabel, dan mengembangkan program bimbingan keagamaan yang lebih responsif terhadap keberagaman dan kebutuhan difabel. Dengan demikian diharapkan tercapai peningkatan yang lebih signifikan dalam religiusitas difabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abinnour, Dimasq Muhammadb91219096@student.uinsby.ac.idB91219096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Kesejahteraan Sosial
Anak > Kepribadian
Keywords: Majelis taklim; religiusitas; Da'i; metode dakwah; inklusivitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dimasq Muh. Abinnour
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:14
Last Modified: 29 Jan 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67929

Actions (login required)

View Item View Item