PERANAN MAJELIS TA’LIM TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI MAJELIS TA’LIM NURUL HUDA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Annisa Warodhatul (2015) PERANAN MAJELIS TA’LIM TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI MAJELIS TA’LIM NURUL HUDA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Pribadi muslim adalah sikap keseharian seorang muslim yang sesuai dengan tuntunan ajaran Agama Islam. Kepribadian muslim memiliki 10 ciri yaitu: (1) Aqidah yang bersih, (2) Ibadah yang benar, (3) akhlak yang kokoh, (4) kekuatan jasmani, (5) intelek dalam berfikir , (6) berjuang melawan hawa nafsu, (7) pandai menjaga waktu, (8) teratur dalam suatu urusan, (9) memiliki kemampuan untuk berusaha sediri (mandiri), dan (10) bermanfaat bagi orang lain.
Dan majelis ta’lim merupakan salah satu pendidikan non formal Islam yang memiliki kurikulum tersendiri, diselenggarakan secara berkala dan teratur, dan diikuti oleh jamaah yang relativ banyak, bertujuan untuk membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan serasi antara manusia dengan Allah SWT, antara manusia dengan sesamanya, serta manusia dengan lingkungannya, dalam rangka membina masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT.1
Untuk itu, peneliti mengadakan penelitian dengan kesimpulan sebagai berikut:
1. Majelis ta’lim yang terbilang baik dibuktikan dengan hasil penyebaran angket dengan skor rata-rata 16,1 yang tergolong baik.
2. Pembentukan kepribadian muslim masyarakat Desa Kedinding Tarik Sidorjo juga tergolong baik yakni ada peningkatan dari sebelumnya, hal ini terlihat dari usaha-usaha untuk membentuk kepribadian muslim masyarakat dengan melakukan dimensi-dimensi religiusitas yang meliputi keyakinan, ritual (ibadah), pengetahuan agama, pengalaman, dan pengamalan dalam kehidupan seharihari.
3. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rxy r tabel (rxy lebih besar dari r tabel) yaitu rxy=0,562, pada taraf signifikansi 5% maka konsekuensinya adalah hipotesis nol atau nihil yang menyatakan bahwa tidak ada peranan Majelis Ta’lim terhadap pembentukan kepribadian muslim masyarakat ditolak dan hipotesis alternatif atau kerja yang menyatakan bahwa ada peranan majelis ta’lim terhadap pembentukan kepribadian muslim masyarakat Kedinding Tarik Sidoarjo disetujui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Annisa WarodhatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Majlis ta'lim; kepribadian muslim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:28
Last Modified: 15 Jun 2016 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6810

Actions (login required)

View Item View Item