Analisis strategi pemasaran pada home industry tempe “Lawang Malang" Kota Surabaya perspektif etika binsis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Heni (2024) Analisis strategi pemasaran pada home industry tempe “Lawang Malang" Kota Surabaya perspektif etika binsis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heni Rachmawati_08040420126.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Heni Rachmawati_08040420126_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Ada banyak pebisnis yang hanya fokus mencari keuntungan lupa akan melakukan strategi pemasaran yang sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Apakah hal itu juga dilakukan pada Home Industry Tempe “Lawang Malang” Kota Surabaya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik bisnis dan strategi pemasaran pada home industry tempe “Lawang Malang” Kota Surabaya perspektif Etika Bisnis Islam khususnya dari segi produksi dan pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 1 pemilik, 2 karyawan produksi dan 3 pelanggan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Praktik bisnis pada home industry tempe “Lawang Malang” Kota Surabaya dilihat dari segi produksi dan pemasaran. Dari segi produksi menggunakan bahan baku 100% asli kedelai tanpa campuran, peralatan modern yang bersih, tempat dan proses produksi terjaga kebersihannya. Sedangkan pemasarannya produk dijual di pasar tradisional, depot/rumah makan, dan penjual sayur keliling. Keuntungan yang diperoleh per hari sebesar Rp 700.000, dalam sebulan keuntungan mencapai sebesar Rp 21.000.000; 2. Strategi pemasaran Home industry menggunakan 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat/saluran disrtibusi (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), bukti fisik (physical evidence) dan sudah sesuai dengan 5 prinsip Etika Bisnis Islam. Prinsip Kesatuan/Tauhid dibuktikan dengan bahan baku yang digunakan tidak menyalahi aturan produksi Islam; prinsip keseimbangan dibuktikan dengan home industry menetapkan harga sesuai mekanisme pasar standar; prinsip kehendak bebas dibuktikan dengan tidak ada unsur paksaan dalam transaksi; prinsip tanggung jawab dibuktikan dengan tidak pernah menyembunyikan kecacatan produk; dan prinsip kebenaran, kebajikan, dan kejujuran dibuktikan dengan selalu jujur memberikan informasi apa adanya kepada pelanggan. Home Industry harus mempertahankan strategi pemasaran yang dilakukan dari segi produk dan pelayanan yang diberikan agar penjualan semakin meningkat. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisis lebih dalam terhadap faktor tertentu yang belum dijelaskan dalam penelitian terkait strategi pemasaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Henihenirchm1234@gmail.com08040420126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatulimroatul.azizah@uinsa.ac.id2011087302
Subjects: Industri RumahTangga
Bisnis
Etika
Keywords: Strategi pemasaran; praktik bisnis; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Heni Rachmawati
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:23
Last Modified: 02 Feb 2024 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68151

Actions (login required)

View Item View Item