Implementasi social media marketing dalam transparansi laporan kegiatan pada lembaga BAZNAS Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirul, Faiqoh (2024) Implementasi social media marketing dalam transparansi laporan kegiatan pada lembaga BAZNAS Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Faiqoh_04040420071 OK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Khoirul Faiqoh_04040420071 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan social media marketing BAZNAS Kota Surabaya dalam transparansi laporan kegiatan serta kendala-kendala dalam penerapan social media marketing BAZNAS Kota Surabaya sebagai media pelaporan kegiatan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Teknik validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber. Serta analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Miles dan Huberman dalam Ahmad Rijali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Sosial media Marketing pada lembaga BAZNAS Kota Surabaya sebagai media pelaporan kegiatan meliputi beberapa tahapan diantaranya: memberikan kejelasan terkait publikasi mengenai kegiatannya dengan menyajikan video dan foto secara real time, menggunakan whatsapp grup, DM, dan kolom komentar sebagai akses timbal balik terkait pelaporan kegiatannya, melakukan repost postingan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) mengenai pelaporan bantuan dari warga kecamatan yang memperoleh bantuan dari BAZNAS Surabaya, memberikan pelaporan progres agenda kegiatan BAZNAS Surabaya, menyematkan khusus postingan berupa pelaporan penyaluran bantuan di beberapa highlight sorotan instagram nya, menyajikan konten penyaluran bantuan dengan melibatkan tokoh publik, serta beberapa lembaga dan instansi yang terkait, memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan mencantumkan link web yang mengarahkan ke semua laporan yang dibutuhkan. Kemudian untuk faktor penghambat dalam implementasi social media marketing di BAZNAS Surabaya adalah Ketidakterampilan dalam menyajikan variasi konten pelaporan kegiatan, kurangnya sumber daya di bagian media serta ketidak ahlian dalam bidang pengambilan video podcast sehingga hal tersebut menghambat adanya pemahaman masyarakat mengenai pelaporan kegiatan pada podcast tersebut, biaya iklan dan promosi yang mahal yang menjadikan keterbatasan lembaga dalam memberikan laporan kegiatan dengan jangkauan yang lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirul, Faiqohkhoirulfaiqoh22@gmail.com04040420071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram.airlangga@gmail.com2014127901
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Media Sosial
Pemasaran
Keywords: Sosial Media Marketing; 4C; Transparansi Laporan Kegiatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Khoirul Faiqoh
Date Deposited: 03 Feb 2024 14:30
Last Modified: 03 Feb 2024 14:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68204

Actions (login required)

View Item View Item