Inklusi keuangan digital syariah di Pondok Pesantren Bumi Damai Al Muhibbin Tambakberas Jombang: perspektif Maqasid Shari’ah Jasser Auda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sadid, M. Ashilus (2023) Inklusi keuangan digital syariah di Pondok Pesantren Bumi Damai Al Muhibbin Tambakberas Jombang: perspektif Maqasid Shari’ah Jasser Auda. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ashilus Sadid_02040320028 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
M. Ashilus Sadid_02040320028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (7MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Penerapan inklusi keuangan digital syariah di Pondok Pesantren Bumi Damai al-Muhibbin Tambakberas Jombang telah mengadopsi inklusi keuangan digital syariah dengan tujuan meningkatkan efektivitas sistem pembayaran dan mengurangi kesalahan transaksi. Sistem pembayaran digital memberikan solusi yang mudah, cepat, dan mengurangi dampak negatif penggunaan uang tunai. Melalui penggunaan uang digital dan kartu belanja santri (Wadi>’ah Card), transaksi santri dapat dipantau oleh wali santri dan pengurus pondok. Pondok Pesantren al-Muhibbin juga menerapkan produk tabungan digital berdasarkan prinsip wadi'ah yad al-damanah, yang memudahkan transaksi sehari-hari dan memberikan keamanan bagi santri. Dengan prinsip wadi'ah, Pondok Pesantren al-Muhibbin bertanggung jawab sebagai penerima titipan dana dari santri. Kedua, peran inklusi keuangan digital Syariah perspektif maqasid shari‘ah Jasser Auda di Pondok Pesantren al-Muhibbin mengikuti beberapa fitur pendekatan sistem yang dikemukakan oleh Jasser Auda, seperti observasi, uji coba, sosialisasi, dan evaluasi. Selain itu, penerapan inklusi keuangan digital harus memperhatikan aspek internal dan eksternal, keterbukaan, hubungan saling berhubungan, dan multidimensi. Tujuan penerapan inklusi keuangan digital antara lain sebagai inovasi peningkatan pelayanan pondok terhadap santri, antisipasi kehilangan uang tunai, dan mendisiplinkan santri dalam pembayaran uang bulanan. Inklusi keuangan digital diharapkan dapat memperkuat ikatan sosial, mempromosikan kesetaraan, dan mencapai kesejahteraan.
Saran bagi Pondok Pesantren Bumi Damai al-Muhibbin Tambakberas Jombang adalah menjalin kerja sama dengan pemerintah, sektor swasta, dan lembaga keuangan guna mendapatkan bantuan dalam membangun dan mengoperasikan jaringan terintegrasi. Kolaborasi ini akan membantu dalam berbagi biaya dan mendapatkan dukungan teknis yang diperlukan. Bagi pemerintah dapat mengadakan diskusi dengan Pondok Pesantren untuk membahas kebutuhan inklusi keuangan yang mendukung kegiatan keuangan digital. Hal ini bertujuan agar Pondok Pesantren dapat berkontribusi dalam pelaksanaan Strategi Nasional Inklusi Keuangan (SNIK) secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sadid, M. Ashilusm.ashilus.sadid@gmail.com02040320028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Pesantren
Keywords: Inklusi; Keuangan Digital; Maqasid Shari’ah Jasser Auda.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Ashilus Sadid
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:24
Last Modified: 26 Feb 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68511

Actions (login required)

View Item View Item