PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MADRASAH ALIYAH MANBAUL HIKAM PUTAT TANGGULANGIN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardah, Atik Murobbiyatul (2015) PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MADRASAH ALIYAH MANBAUL HIKAM PUTAT TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang mengandung pesan sosial dan spirit keberagamaan. Al-Quran adalah petunjuk kehidupan manusia dan obat segala penyakit kehidupan sosial manusia. Menghafal al-Quran merupakan salah satu bentuk usaha kita mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui kalam-Nya. Namun, tentunya usaha untuk menghafal al-Quran bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan niat yang lurus dan ikhlas, konsentrasi penuh, serta keistiqomahan dalam menjalani prosesnya. Apalagi godaan di sekitar kita, merupakan suatu tantangan besar yang harus dilawan, demi tercapainya tujuan mulia menghafal al-Quran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh program tahfidz al-Quran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik product moment. Dan sampelnya adalah siswa Madrasah Aliyah yang sedang menjalani proses tahfidz al-Quran sebanyak 30 siswa. Variabel terdiri dari 1 variabel bebas, yaitu pelaksanaan program tahfidz al-Quran dan 1 variabel terikat, yaitu prestasi belajar siswa mata pelajaran Quran Hadits.
Adapun data-data tersebut diperoleh dari penyebaran angket dengan bentuk tertutup. Dari data penelitian dapat diketahui bahwa realisasi pelaksanaan tahfidz al-Quran bagi siswa Madrasah Aliyah tergolong cukup, yaitu dari 30 siswa dengan prosentase 44 %. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits tergolong sangat baik. Hal ini sesuai dengan hasil post test sebesar 91,33. Dan dari analisis data dengan menggunakan analisis statistik product moment didapatkan hasil angka 0,382 dengan jumlah sampel (N) = 30. Setelah itu memeriksa r tabel ternyata pada taraf signifikan 5% diperoleh r tabel 0,361 dan taraf signifikan 1% diperoleh r tabel 0,463, sedangkan r hitung adalah 0,382. Dengan demikian r hitung lebih kecil dari pada r tabel product moment. Jika dikonsultasikan dalam r tabel, maka angka 0,382 menunjukkan nilai 0,20 sampai dengan 0,40. Itu berarti mempunyai interpretasi lemah atau rendah.
Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh program tahfidz al-Quran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits di Madrasah Aliyah Manbaul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardah, Atik MurobbiyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Keywords: Tahfidz al-quran; prestasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:34
Last Modified: 17 Jun 2016 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6853

Actions (login required)

View Item View Item