This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arrosyid, Harun (2015) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK ULUL ALBAB DALAM SURAT ALI IMRON AYAT 190-191 DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam era modern ini masih belum bisa mengantarkan peserta didik menjadi manusia yang sempurna secara hakiki. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ketika sedang dan setelah mengenyam pendidikan, secara signifikan belum sepenuhnya peserta didik mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam sehari-hari dengan benar, utamanya dari dimensi moralitas atau akhlak. Padahal Islam sudah memberikan tuntunan yang jelas melalui al-Qur’an dalam hal pendidikan baik secara konseptual maupun aplikatif.
Atas dasar permasalahan di atas, penulis ingin mengkaji hubungan antara karakteristik ulul albab dalam surat Ali Imron Ayat 190-191 dan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berupa library research (studi pustaka), peneliti berusaha mengurai keterkaitan dalil naqli tersebut dan tujuan pendidikan Islam dengan model pendekatan munasabah. Sehingga dapat ditemukan korelasi dan konsep yang tepat dan ideal dalam membuat formulasi dalam proses pembalajaran.
Hasil yang penulis dapatkan adalah bahwa korelasi antara karakter ulul albab dan tujuan pendidikan Islam merupakan dua kata yang saling ada keterikatan, karena antara konsep yang ada pada ulul albab dengan tujuan pendidikan adalah sama-sama bertujuan untuk menjadikan peserta didik sebagai abdullah yang selalu tunduk menghambakan diri kepada Allah SWT dengan cara menjalankan semua perintah Allah SWT dan meninggalkan semua larangannya agar benar-benar tercipta pada diri peserta didik menjadi manusia yang muttaqin. Di samping secara vertikal mereka menjadi seorang abdullah yang selalu beribadah, secara horisontal mereka adalah khalifah fil ardh yang mana mereka harus siap sedia menjalin persaudaraan antar sesama hidup bersosial dengan masyarakat luas, yang mana seorang khalifah fil ardh harus mampu mengaplikasikan pengetahuannya dan mau menyebarkan apa yang mereka miliki, sehingga ilmu yang mereka miliki tidak untuk diri sendiri tetapi juga untuk berdakwah li i’la kalimatillah dan akhirnya menjadi manusia yang sempurna (insan kamil
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Ulul albab; pendidikan; islam; ali imron | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 3213 not found. | ||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2016 02:34 | ||||||
Last Modified: | 21 Jun 2016 03:24 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6901 |
Actions (login required)
View Item |