معنى نص الأغنية "حب وحياة" لبراء مسعود : دراسة تحليلية سيميائية من منظور ميكال ريفاتيري/riffaterre

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nakidhoh, Soviatun (2024) معنى نص الأغنية "حب وحياة" لبراء مسعود : دراسة تحليلية سيميائية من منظور ميكال ريفاتيري/riffaterre. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Soviatun Nakidhoh_03010120026 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Soviatun Nakidhoh_03010120026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lagu merupakan salah satu dari jenis karya sastra, lagu merupakan sebuah syair yang didalamnya memiliki makna yang ingin disampaikan oleh pengarang. Lagu merupakan permainan suara dan pola bahasa serta penyimpangan makna kata merupakan permainan bahasa dalam penciptaan lirik lagu menjadi seindah mungkin, sehingga diperlukan pemikiran yang peka terhadap objek yang dimaksud. Penelitian ini melakukan penafsiran terhadap lirik lagu untuk menemukan makna yang signifikan. Maka semiotika Michael Riffaterre sangat cocok digunakan dalam sajak, karena analisisnya mengarah pada pemberian makna sebuah karya sastra. Berdasarkan hal tersebut, tujuan peniliti adalah untuk mengetahui makna yang terkandung di dalam lirik lagu “Hubb Wa Hayah” oleh Baraa Masoud dengan menggunakan teori analisis yang dikemukakan oleh riffaterre, yang meliputi pembacaan heuristik, pembacaan hermeneutik, (matriks, modal dan varian), dan hipogram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lirik lagu “Hubb Wa Hayah” karya Baraa Masoud. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik menyimak, membaca dan mencatat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam lagu “Hubb Wa Hayah” mengandung makna tentang agama Islam yang sebenarnya, bukan yang selama ini dipandang sebelah mata. Dalam lagu ini juga menjelaskan bahwa islam adalah agama yang penuh dengan rasa cinta dalam berkehidupan antar sesama, agama yang selalu menyerukan pada kebaikan, dan keindahan Islam dalam mengkemas kehidupan manusia di dunia yang penuh dengan kebahagiaan atas dasar rasa cinta dan kasih sayang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nakidhoh, Soviatunsoviatun.nakidloh@gmail.com03010120026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Bahasa Arab
Puisi
Perdamaian
Keywords: Makna lagu; semiotika riffaterre
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: SOVIATUN NAKIDHOH
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:55
Last Modified: 25 Mar 2024 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69227

Actions (login required)

View Item View Item