PROBLEM TEOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURALISME :STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN DR. ADIAN HUSAINI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputro, Jadmiko Aji (2015) PROBLEM TEOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURALISME :STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN DR. ADIAN HUSAINI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustakaa.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negeri yang plural; yang diwarnai banyak budaya, suku, etnis, juga agama. Keanekaragaman ini selain menjadi kekayaan khazanah nusantara, ternyata juga menjadi pemicu lahirnya berbagai konflik; terlebih konflik antar agama. Para pakar pendidikan Islam pun merumuskan konsep pendidikan Islam berbasis multikulturalisme yang diharapkan dapat menjadi jalan keluar problematika konflik di Indonesia. Akan tetapi, dalam perjalannannya konsep pendidikan ini pun juga menuai berbagai kritik, salah satunya datang dari sosok cendekiawan Muslim, Dr. Adian Husaini. Menurutnya, konsep pendidikan ini mengajarkan pemahaman yang justru merusak aqidah Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui konsep teologi pendidikan Islam berbasis multikulturalisme dalam perspektif Adian Husaini. (2) Mengetahui problem teologi pendidikan Islam berbasis multikulturalisme dalam perspektif Adian Husaini. (3) Mengetahui formulasi konsep teologi pendidikan Islam berbasis multikulturalisme dalam perspektif Adian Husaini.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filsafat; yang menekankan pada isi dan sistem pemikiran seorang tokoh serta kontribusinya bagi kemajuan dan perkembangan bidang yang digelutinya. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan interview, penggunaan wawancara dimaksudkan untuk memperkuat data yang diperoleh melalui dokumentasi, baik dari buku, jurnal, dan sebagainya. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis isi; teknik analisis untuk mengetahui simpulan dari sebuah teks atau wacana.
Dari penelitian yang dilakukan. mengahasilkan kesimpulan: (1) Bagi Husaini konsep teologi yang digunakan dalam pendidikan Islam berbasis multikulturalisme adalah teologi inklusif dan teologi pluralisme. (2) Teologi inklusif dan pluralisme bagi Husaini bermasalah, sebab pada akhirnya membawa pada pemahaman yang menganggap semua agama sama. (3) Menurut Husaini pendidikan Islam itu semestinya berbasis pada tauhid, sebab Islam bagi Husaini telah memiliki konsep yang jelas dalam menggambarkan interaksi dengan umat yang berbeda. Terlebih lagi, secara historis Islam pun telah berhasil menciptakan kehidupan damai dalam kehidupan yang multikultur

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rubaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputro, Jadmiko AjiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan islam; teologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:00
Last Modified: 22 Jun 2016 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6948

Actions (login required)

View Item View Item