Bhubuwen dalam resepsi remoh pada ayat qard dalam Tafsir Ahkam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Hidayah (2024) Bhubuwen dalam resepsi remoh pada ayat qard dalam Tafsir Ahkam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayah_07040320121 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Hidayah_07040320121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia hidup bermasyarakat dan bersosial tentunya akan saling membutuhkan antara satu sama lain, karena tidak segala hal dapat dilakukan secara individu, dan tentunya hal itu juga perlu dilestarikan agar dapat menjaga keharmonisan serta memperluas hubungan sosial dengan masyarakat lainnya. Seperti halnya tradisi remoh yang dilestarikan oleh masyarakat Madura di desa Alas Kembang. Tradisi ini merupakan yang memang dilestarikan secara turun menurun hingga sekarang, dalam praktiknya terdapat transaksi pinjam meminjam yang memiliki istilah bhubuwen. Bhubuwen merupakan sebuah barang yang dipinjamkan pada mereka yang mengadakan acara remoh tersebut, barang tersebut dapat berbentuk sejumlah uang, dan adapun sembako seperti beras, dan gula. Adanya hal tersebut memiliki keselarasan dengan qard}, dimana hal tersebut memang dianjurkan dalam Al-Qur’an bahwa kita dianjurkan untuk membantu mereka yang dalam kesusahan. Tentunya terdapat beberapa ayat yang memang menjelaskan tentang pinjaman tersebut. Diperbolehkannya melakukan qard} juga terdapat rukun dan syarat sehingga seseorang tersebut diperbolehkan melakukan qard}, adanya rukun dan syarat agar mereka tidak dengan mudahnya berhutang. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa tradisi bhubuwen dalam resepsi remoh memiliki relevansi dengan adanya qard} dalam ayat Al-Qur’an, karena bhubuwen yang diterapkan ketentuannya memiliki kesamaan, mulai barang yang dijadikan akad pinjaman, serta adanya muqrid} dan muqtarid}, dan tidak lupa menerapkan syari’at-syari’at islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Hidayahhidayahsirot@gmail.com07040320121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabu.bakar@uinsa.ac.id2004047303
Subjects: Tafsir
Keywords: Bhubuwen; resepsi remoh; ayat qard; Tafsir Ahkam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hidayah Hidayah
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:49
Last Modified: 05 Apr 2024 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69521

Actions (login required)

View Item View Item