Analisis perubahan struktural ekonomi dan disparitas pendapatan antar Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramestia, Jessica Salwanda (2024) Analisis perubahan struktural ekonomi dan disparitas pendapatan antar Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jessica Salwanda Pramestia_08020120044 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Jessica Salwanda Pramestia_08020120044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi salah satunya ditandai dengan adanya perubahan struktur ekonomi yang mengarah pada transformasi sektoral. Kontribusi pada sektor industri dan jasa di Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan sedangkan sektor pertanian mengalami penurunan selama lima tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis arah kecenderungan perubahan struktural ekonomi serta ketimpangan pendapatan yang disebabkan adanya perubahan struktur ekonomi. Kemudian penelitian ini juga mengidentifikasi sektor-sektor unggulan, yang dapat dikembangkan sebagai sektor prioritas penggerak perekonomian di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan mempergunakan data sekunder yakni PDRB Provinsi Jawa Timur ADHK 2010 tahun 2018-2022. Teknik yang digunakan ialah dokumentasi dan studi literatur dan data diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Dalam penelitian ini digunakan analisis antara lain: Shift Share, Indeks Wiliamson, Indeks Entropy Theil dan Location Quotient. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa perekonomian di Provinsi Jawa Timur telah mengalami pergeseran dari sektor pertanian menuju sektor jasa. Selain itu, kondisi ketimpangan pembangunan ekonomi di Provinsi Jawa Timur selama tahun 2018-2022 tergolong dalam kategori tinggi. Kemudian sektor-sektor yang terspesialisasi di Provinsi Jawa Timur antara lain ialah 1) Industri Pengolahan, 2) Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, 3) Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, 4) Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, 5) Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini memberikan saran agar pemerintah dan masyarakat dapat bekerjasama dalam mengelola potensi di Provinsi Jawa Timur, melalui sektor-sektor unggulan yang terspesialis secara efektif dan efisien. Tak hanya itu, dalam mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan diperlukan upaya meningkatkan produktivitas sektor pertanian menjadi lebih efektif baik dari sisi penyerapan tenaga kerja di Provinsi Jawa Timur agar lebih bernilai tinggi dan berdaya saing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramestia, Jessica Salwandasalwandatia731@gmail.com08020120044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Ekonomi
Keywords: Perubahan struktur ekonomi; disparitas pendapatan; spesialisasi sektor.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email salwandatia731@gmail.com
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:41
Last Modified: 05 Apr 2024 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69545

Actions (login required)

View Item View Item