This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nushiyah, Hulwin (1999) KONSEPSI METODE MENGAJAR AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (878kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (819kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (916kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (451kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: apa saja konsepsi metode mengajar agama Islam dan apa hakekat motivasi belajar itu, dan bagaimana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut. Adapaun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah dengan jenis data penelitian kepustakaan (library research), maka data dan informasi yang dikumpulkan diambil dari beberapa kitab yang ada di perpustakaan. Sumber data besaral dari kepustakaan, maka penggalian datanya bersumber dari pustaka yang ada kaitannya dengan masalah tersebut yang meliputi sumber primer, dan sumber skunder. Teknik penggalian datanya dengan teknik dokumenter. Sedang teknik analisa datanya dengan menela’ah data, reduksi data (merangkum data), menyusun data dalam satuan-satuan, mengategorikan data, dan memeriksa keabsahan data. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) metode mengajar merupan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran dimana salah satu dari kedudukan metode mengajar adalah sebagai alat motivasi ekstinsik siswa yaitu sebagai alat untuk mendorong siswa dari luar dengan cara mengunakan variasi metode mengajar, agar suasana kelas tidak membosankan dan siswa dapat belajar dengan giat dan tekun untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Meskipm pada dasanrya" pada setiap diri siswa itu terdapat motivasi intrinsik, (2) untuk meoggunakan metode mengajar yang efektif, guru harus memahami hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menetapkan metode mengajar yang akan digunakan untuk mengajar. Akan tetapi harus disesuaikan dengan komponen mengajar lainnya. Karena pada hakekafirya setiap metode meng{ar itu mempunyai prinsip sama, diantaranya adalah metode mengajar yang akan digunakan harus dapat memotivasi belajar siswa agar siswa selalu semangat dalam memperhatikan materi pelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mahfudh Shalahuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Metode mengajar agama islam; motivasi belajar siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:18 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6955 |
Actions (login required)
View Item |