KONSEPSI METODE MENGAJAR AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nushiyah, Hulwin (1999) KONSEPSI METODE MENGAJAR AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: apa saja konsepsi metode mengajar agama Islam dan apa hakekat motivasi belajar itu, dan bagaimana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut. Adapaun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah dengan jenis data penelitian kepustakaan (library research), maka data dan informasi yang dikumpulkan diambil dari beberapa kitab yang ada di perpustakaan. Sumber data besaral dari kepustakaan, maka penggalian datanya bersumber dari pustaka yang ada kaitannya dengan masalah tersebut yang meliputi sumber primer, dan sumber skunder. Teknik penggalian datanya dengan teknik dokumenter. Sedang teknik analisa datanya dengan menela’ah data, reduksi data (merangkum data), menyusun data dalam satuan-satuan, mengategorikan data, dan memeriksa keabsahan data. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) metode mengajar merupan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran dimana salah satu dari kedudukan metode mengajar adalah sebagai alat motivasi ekstinsik siswa yaitu sebagai alat untuk mendorong siswa dari luar dengan cara mengunakan variasi metode mengajar, agar suasana kelas tidak membosankan dan siswa dapat belajar dengan giat dan tekun untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Meskipm pada dasanrya" pada setiap diri siswa itu terdapat motivasi intrinsik, (2) untuk meoggunakan metode mengajar yang efektif, guru harus memahami hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menetapkan metode mengajar yang akan digunakan untuk mengajar. Akan tetapi harus disesuaikan dengan komponen mengajar lainnya. Karena pada hakekafirya setiap metode meng{ar itu mempunyai prinsip sama, diantaranya adalah metode mengajar yang akan digunakan harus dapat memotivasi belajar siswa agar siswa selalu semangat dalam memperhatikan materi pelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mahfudh Shalahuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nushiyah, HulwinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode mengajar agama islam; motivasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:18
Last Modified: 22 Jun 2016 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6955

Actions (login required)

View Item View Item