This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anjelita, Pingky (2024) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII di MTs Bani Hasyim Cerme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Pingky Anjelita_06041020031 full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 April 2027. Download (4MB) |
|
Text
Pingky Anjelita_06041020031.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII di MTs Bani Hasyim Cerme. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan merupakan model pembelajaran yang masih bersifat teacher center khususnya pada materi sistem peredaran darah sehingga menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEAM yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEAM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII di MTs Bani Hasyim Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian merupakan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, perhitungan NGain, analisis persentase skor keterampilan berpikir kreatif setiap indikator dan analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < nilai alpha yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan terdapat peningkatan nilai keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan skor N-Gain sebesar 0,8485 dengan kategori tinggi. Analisis persentase skor keterampilan berpikir kreatif setiap indikator pada kelas eksperimen diperoleh persesntase ≥ 75% yaitu fluency sebesar 95,23%, flexibility sebesar 89,28%, originality sebesar 78,57%, dan elaboration sebesar 92,05%. Analisis pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen memperoleh kriteria sangat baik dengan nilai persentase > 60% yaitu nilai persentase aktivitas guru sebesar 91,64% dan aktivitas siswa sebesar 96,78%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Biologi Belajar Pendidikan > Anak |
||||||||||||
Keywords: | Project Based Learning (PjBL); STEAM; keterampilan berpikir kreatif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Pingky Anjelita | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2024 06:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2024 06:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69651 |
Actions (login required)
View Item |