Strategi pengembangan bisnis warung Madura di jalan KH Mas Mansyur kawasan wisata religi Sunan Ampel Surabaya perspektif etika bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugraha, Ahmad Zakaria (2024) Strategi pengembangan bisnis warung Madura di jalan KH Mas Mansyur kawasan wisata religi Sunan Ampel Surabaya perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zakaria Nugraha_08010420003 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Ahmad Zakaria Nugraha_08010420003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu warung yang banyak terdapat di masyarakat sekitar adalah Warung Madura. Warung Madura ini secara umum memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, bahkan bisa dikatakan segala kebutuhan pokok sehari-hari tersedia disini. Warung Madura memiliki persaingan usaha dengan toko kelontong serupa dan minimarket. Oleh karena itu Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Bisnis Warung Madura di Jalan KH Mas Mansyur Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya perspektif Etika Bisnis Islam”. Rumusan masalah yang diteliti ialah 1.) bagaimana strategi pengembangan bisnis Warung Madura di Jalan KH Mas Mansyur Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya dan 2.) bagaimana strategi pengembangan bisnis Warung Madura perspektif etika bisnis islam. Tujuannya ialah untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis Warung Madura di Jalan KH Mas Mansyur serta untuk mengetahui dalam perspektif etika bisnis islam-nya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada penjual Warung Madura yang berjualan di Jalan KH Mas Mansyur Kawasan Wisaata Religi Sunan Ampel Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan bisnis Warung Madura yang diterapkan yaitu strategi penetrasi pasar meningkatkan penjualan dengan membuka warung 24 jam nonstop, harga terjangkau untuk masyarakat umum, lokasi penjualan warung madura strategis dan ramai banyak dilewatin orang, memasang banner di depan warung dan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Pengembangan produk Warung Madura menambahkan penjualan bensin eceran, menambahkan produk sesuai minat beli konsumen dan memanfaatkan teknologi pengisian elektronik pulsa, token listrik, ovo, shoope pay, dana, dan lainnya. Pengembangan pasar berjualan di kota-kota besar dan lokasi yang strategis. Berdasarakan analisis etika bisnis islam, yang diterapkan sudah sesuai prinsip-prinsip etika bisnis islam, meliputi tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan/kebenaran/kejujuran. Bagi penjual Warung Madura di Jalan KH Mas Masnyur Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya diharapkan untuk terus mempertahankan kualiatas pelayanan yang baik sesuai prinsip etika bisnis islam, perlu mencatat secara rinci dan jelas manajemen keuangan dalam pemasukan dan pengeluaran Warung Madura. Diharapkan penjual Warung Madura memanfaatkan teknologi, seperti kasir peletakan uang, struk digital untuk pembeli, dan kebersihan Warung Madura agar pembeli nyaman untuk membeli di Warung Madura

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugraha, Ahmad Zakariazakazakaria0123@gmail.com08010420003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Keywords: Strategi pengembangan bisnis; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Zakaria Nugraha
Date Deposited: 17 Apr 2024 05:31
Last Modified: 17 Apr 2024 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69669

Actions (login required)

View Item View Item