Efektivitas penerapan metode pro-genius dalam meningkatkan keberhasilan santri untuk menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al Azhar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nuzlia Nur (2022) Efektivitas penerapan metode pro-genius dalam meningkatkan keberhasilan santri untuk menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al Azhar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuzlia Nur Azizah_D01218041 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nuzlia Nur Azizah_D01218041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Metode “Pro-Genius” Dalam Meningkatkan Keberhasilan Santri Untuk Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al Azhar Gresik. Permasalahan yang dikaji meliputi: 1) Bagaimana penerapan metode “Pro-Genius” di Pondok Pesantren Al Azhar Gresik; 2) Bagaimana keberhasilan santri dalam menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Al Azhar Gresik; 3) Bagaimana efektivitas penerapan metode “Pro-Genius” dalam meningkatkan keberhasilan santri untuk menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Al Azhar Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah santri pondok pesantren Al Azhar Gresik. Populasi penelitian berjumlah 219 santri yang terdiri dari putra dan putri. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan total sampel 40 santri. Uji hipotesis menggunakan uji Chi Kuadrat atau Chi Square. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) penerapan metode “Pro-Genius” dalam meningkatkan keberhasilan santri untuk menghafal al-Qur’an di pondok pesantren Al Azhar Gresik terlaksana dengan cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil angket yang telah disebarkan kepada santri. Dari 40 responden ada 6 (15%) santri mendapat hasil sangat efektif pada angket nya. Kemudian ada 28 (70%) santri mendapat hasil cukup efektif dan sekitar 6 (15%) santri mendapat hasil kurang efektif pada angketnya. 2) keberhasilan santri dalam menghafal al-Qur’an di pondok pesantren Al Azhar Gresik diketahui dari hasil nilai tahfidz dimana ada 7 (17,5%) santri yang mendapatkan nilai tinggi kemudian ada 29 (72,5%) santri yang mendapatkan nilai tahfidz sedang dan ada 4 (10%) santri yang emndapatkan nilai tahfidz dalam kategori rendah. 3) Efektivitas penerapan metode “Pro-Genius” dalam meningkatkan keberhasilan santri untuk menghafal al-Qur’an di pondok pesantren Al Azhar Gresik mendapat hasil yang cukup efektif yang ditunjukkan dari uji Chi Kuadrat. Dengan menggunakan db sebesar 4 maka diperoleh harga Chi Kuadarat tabel (x_tabel^2) pada taraf signifikansi 5% = 9,488, diketahui bahwa harga Chi Kuadrat hitung (x_hitung^2) sebesar 36,85 lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel (x_tabel^2). Dengan demikian Ho pada penelitian ini ditolak dan Ha diterima yang artinya ada efektivitas pada penerapan metode “Pro-Genius” dalam meningkatkan keberhasilan santri untuk menghafal al-Qur’an di pondok pesantren Al Azhar Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nuzlia Nurnuzliaazizah675@gmail.comD01218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@gmail.com2010045302
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Metode pro-genius; keberhasilan santri; menghafal al-Qur’an; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzlia Nur Azizah
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:46
Last Modified: 29 Jul 2024 05:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69799

Actions (login required)

View Item View Item