Analisis pengaruh financial distress terhadap real earning management dan acrual earning management: pada perusahaan sektor transportasi & logistik yang terdaftar di Bei Tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Mohammad Mahrus Zaky (2024) Analisis pengaruh financial distress terhadap real earning management dan acrual earning management: pada perusahaan sektor transportasi & logistik yang terdaftar di Bei Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Mahrus Zaky Afif_08040320096 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mohammad Mahrus Zaky Afif_08040320096 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Financial Distress Terhadap Real Earning Management Dan Acrual Earning Management: Studi Pada Perusahaan Sektor Transportasi & Logistik Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2018-2022” penelitian ini berawal dari banyaknya perusahaan sektor transportasi dan logistik yang mengalami kerugian laba sehingga menyebabkan beberapa perusahaan mengalami delisting dari Bursa Efek Indonesia dan bahkan sebagian sampai mengalami kebangkrutan. Perusahaan-perusahaan pada sektor transportasi dan logistik yang mengalami kerugian laba ini juga mengalami penurunan kepercayaan dari investor yang dibuktikan dengan penurunan transaksi yang ekstrem pada sektor transportasi dan logistik. Penurunan kepercayaan investor ini diperkirakan karena perusahaan perusahaan sektor transportasi dan logistik melakukan manajemen laba agar tampak perusahaan secara laporan keuangna tampak sehat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis data sekunder. Data sekunder diperoleh dari Annual Report perusahaan yang diterbitkan pada IDX. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam menguji instrument dan hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kondisi kesulitan keuangan perusahaan terhadap aktivitas manajemen laba pada perusahaan sektor transportasi dan logistik di Indonesia pada periode 2018-2022. Pada perusahaan sektor logistik dan transportasi yang memiliki net income negatif dan modal kerja negatif memiliki kecenderungan melakukan aktivitas manajemen laba riil dibandingkan manajemen laba akrual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Mohammad Mahrus Zakymzakyafif002@gmail.com08040320096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Keywords: Financial distress; acrual earning management; real earning management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Mohammad Mahrus Zaky Afif
Date Deposited: 06 May 2024 03:59
Last Modified: 06 May 2024 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69870

Actions (login required)

View Item View Item