Mekanisme good corporate governance dengan kualitas audit sebagai variabel pemoderasi terhadap ketepatan laporan keuangan pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di bursa efek pada tahun 2020-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzaro, Amalia Rizka (2024) Mekanisme good corporate governance dengan kualitas audit sebagai variabel pemoderasi terhadap ketepatan laporan keuangan pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di bursa efek pada tahun 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Rizka Azzaro_08040220106.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Amalia Rizka Azzaro_08040220106_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki kewajiban untuk melaporkan laporan keuangannya sesuai waktu yang telah ditentukan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah melakukan uji terhadap pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit terhadap Ketepatan Laporan Keuangan dengan menghadirkan Kualitas Audit sebagai variabel pemoderasi. Perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode 2020–2022 menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling untuk mengidentifikasi 12 perusahaan sebagai sampel dengan mengunakan laporan triwulan pada seiap tahunnya. SPSS versi 20 merupakan perangkat lunak pengolah data yang menggunakan pendekatan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Institsional, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit tidak berpengaruh terhadap Ketepatan Laporan Keuangan perusahaan food and baverage tahun 2020-2022. Selain itu Kualitas Audit tidak dapat memoderasi Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit perusahaan food and baverage tahun 2020-2022. Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti diharapakn perusahaan dapat mematuhi regulasi dengan menerbitkan laporan tepat waktu sehingga mekanisme Good Corporate Governance bisa terpenuhi. Penelitian ini memberikan informasi yang berhubungan dengan indikator tata kelola perusahaan yang baik terhadap ketepatan laporan keuangan dimana porsi saham institusi,porsi saham manajerial, jumlah dewan komisaris, jumlah komite audit, dan kualitas audit dapat memengaruhi kinerja suatu perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzaro, Amalia Rizkaamaliazzahro16@gmail.com08040220106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, ImamIbe@uinsby.ac.id2026096801
Subjects: Ekonomi
Investasi
Keywords: Dewan komisaris independen; kepemilikan institusional; kepemilikan manajerial; ketepatan laporan keuangan; komite audit; kualitas Audit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Amalia Rizka Azzaro
Date Deposited: 04 May 2024 03:05
Last Modified: 06 Jun 2024 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69936

Actions (login required)

View Item View Item