Analisis komparatif dalil hukum penyembelihan hewan kurban yang sedang hamil menurut Syekh Khatib As-Syarbini dan Syekh Sa’id Bin Muhammad Ba’asyiin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholis, Achmad Nur Ircham (2024) Analisis komparatif dalil hukum penyembelihan hewan kurban yang sedang hamil menurut Syekh Khatib As-Syarbini dan Syekh Sa’id Bin Muhammad Ba’asyiin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Nur Ircham Kholis_C05218002 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Nur Ircham Kholis_C05218002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kepustakaan yang menggunakan data primer dari dua kitab, yaitu al-Mughnī Al-Mukhtaj karya Syekh Khatib As-Syarbini dan Kitab Busyro Al-Karim karya Syekh Sa’id Bin Muhammad Ba’asyiin. Selain itu, sumber data sekunder terlibat dalam penelitian ini, melibatkan buku-buku, jurnal, artikel, kitab-kitab, dan informasi terkait lainnya. Adapun data tersier diperoleh dari ensiklopedia, kamus, dan sumber-sumber lainnya. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah metode dokumentatif, di mana informasi diperoleh melalui penelitian pustaka dengan membaca dan meneliti sumber-sumber di perpustakaan.Hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa kedua ulama antara Syekh Khatib As-Syarbini dan Syekh Sa’id Bin Muhammad Ba’asyiin tersebut memiliki persamaan dalam menetapkan hukum berkurban menggunakan hewan yang sedang hamil yaitu Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam menentukan hukum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Syekh Khatib As-Syarbini berkurban dengan hewan hamil diperbolehkan, akan tetapi para ulama menolak pendapat tersebut. Sedangkan menurut Syekh Sa’id Bin Muhammad Ba’asyiin berpendapat berkurban menggunakan hewan yang sedang hamil adalah tidak boleh Saran kepada masyarakat adalah untuk menghargai diversitas pendapat, karena perbedaan tersebut dapat menjadi berkah bagi seluruh umat dan untuk mencapai kehidupan yang sejahtera. Diinginkan agar semua individu dapat mengetahui dan memahami prinsip-prinsip hukum berkurban dengan menggunakan hewan yang sedang hamil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholis, Achmad Nur IrchamIrchamkholis1303@gmail.comC05218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatwa, AH. Fajruddinandifagruddinfatwa2013067602
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Bahasa Indonesia
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Informasi
Keywords: Qurban; hewan Qurban; Hewan sembelihan kurban
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: S.H. Achmad Nur Ircham Kholis
Date Deposited: 13 May 2024 04:06
Last Modified: 13 May 2024 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69956

Actions (login required)

View Item View Item