Model pola asuh orang tua dalam proses pembinaan akhlak anak didesa kuro kecamatan karangbinangun kabupaten lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandy, Mursyid (2022) Model pola asuh orang tua dalam proses pembinaan akhlak anak didesa kuro kecamatan karangbinangun kabupaten lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mursyid afandy_B03215026 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mursyid afandy_B03215026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini membahas tentang model pola asuh orangtua dalam proses membinaan akhlak anak di desa kuro kecamatan karangbinangun kabupaten lamongan. Keluarga disebut sebagai lingkungan pertama sebab dalam lingkungan keluarga anak mendapatkan proses bimbingan, asuhan, arahan, pembiasaan dan latihan. Disebut sebagai generasi penerus baik untuk keluarga, bangsa, maupun agama dengan ini anak perlu mendapatkan pola asuh yang baik dari orangtuanya, sehingga pada masa pertumbuhan dan perkembangan sampai dewasa menjadikan manusia yang memiliki kepribadian serta akhlak yang baik serta memiliki berbagai macam kemampuan dan keterampilan yang bermanfaat. Oleh karena itu tanggungjawab penuh terdapat pada diri orangtua dalam hal bimbingan yang tepat sehingga tercipta generasi penerus yang tangguh. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi dengan teknik observasi nonpartisipan, Wawancara dan dokumentasi. Metode analisa yang digunakan yaitu data deskriptif kualitataif, terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan dan Verifikasi, Keabsahan data.Hasil dari penelitian ini menunjukkan : Polah Asuh yang diterapkan orang tua dalam proses pembinaan akhlak anak di Desa Kuro Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan.Pola asuh Otoriter diantara ciri-ciri pola asuh ini, menekankan segala aturan orang tua harus ditaati oleh anak. Anak menurut dan tidak boleh membantah terhadap apa yang diperintahkan oleh orang tua.Pola asuh Demokratis adalah gaya pengasuhan orang tua dengan mendorong anak untuk mandiri tetapi masi menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakan anak. Jadi orang tua masih melakukan kontrol pada anak tetapi tidak terlalu ketat.Pola asuh Permisif orang tua menuruti segala kemauan anak. Anak cenderung bertindak semena-mena, tanpa pengawasan orang tua. Dia bebas melakukan apa saja yang diinginkan.Orang tua dapat menggunakan satu atau dua (campuran pola asuh) dalam situasi tertentu. Untuk membentuk anak agar menjadi anak yang berani menyampaikan pendapat sehingga memiliki ide-ide yang kreatif, berani, dan juga jujur.Bentuk pembinaan akhlak anak di Desa Kuro Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Adalah pembinaan akhlak anak dengan keteladanan, pembinaan akhlak anak dengan pembiasaan, pembinaan akhlak anak dengan nasehat, pembinaan akhlak anak dengan pengawasan, dan pembinaan akhlak anak dengan pemberian hukuman.Kendala orang tua dalam proses pembinaan akhlak anak di Desa Kuro Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan terdapat beberapa faktor penghambat yakni faktor eksternal anak diantaranya adalah faktor keluarga yang ditandai dengan kurangya komunikasi antara orangtua kepada anak. Faktor lingkungan yang mempengaruhi sulitnya anak dalam menerima naseihat atau bimbingan oleh orang tua. Faktor ekonomi, para orangtua yang memiliki etos kerja tinggi yang mengakibatkan waktu kebersamaan antara anak dan orangtua berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandy, MursyidMursyidyah09@gmail.comB03215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Akhlak
Orang tua dan Anak
Keywords: Model Pola Asuh; Pembinaan Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mursyid Afandy
Date Deposited: 13 May 2024 03:41
Last Modified: 13 May 2024 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70000

Actions (login required)

View Item View Item