Analisis undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak terhadap upaya pemenuhan hak bagi anak jalanan oleh Yayasan al Amanah al Irsyad Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfaries, Rifky Fahmi (2024) Analisis undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak terhadap upaya pemenuhan hak bagi anak jalanan oleh Yayasan al Amanah al Irsyad Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifky Fahmi Alfaries_05040120135.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rifky Fahmi Alfaries_05040120135_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak merupakan Undang-undang yang mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan perlindungan anak, termasuk hak-hak anak, perlindungan anak dari berbagai bentuk kekerasan, pendidikan, kesehatan, dan aspek lain yang berhubungan dengan kesejahteraan anak. Melihat kondisi tidak semua anak memiliki permasalahan yang sama dimana banyak dari mereka yang merasakan kerasnya kehidupan dijalanan, yang dimana anak-anak tersebut dinamakan anak jalanan Skripsi ini menjawab pertanyaan yang terdaoat dalam dua rumusan masalah, diantaranya : Bagaimana upaya pemenuhan hak anak jalanan oleh Yayasan Al-Amanah Al-Irsyad Candi Sidoarjo dan Bagaiamana pelaksanaan yang dilakukan dalam upaya pemenuhan yang dijalankan oleh Yayasn Al-Amanah Al-Irsyad Candi Sidoarjo ditinjau dari Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan anak terhadap. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, khususnya normatif-empiris. Program pelaksanaan pemenuhan hak-hak anak jalanan oleh Yayasan Al-Amanah Al-Irsyad Candi Sidoarjo ini, ditinjau menggunakan Undang-Undang 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Dari sumber data, penelitian ini termasuk pada kategori penelitian lapangan, dimana data utama digali dari sumber yang ada dilapangan secara langsung. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, upaya pemenuhan Hak-Hak Anak Jalanan oleh Yayasan Al-Amanah Al-irsyad Candi Sidoarjo diantaranya menjalankan program penjangkauan anak-anak jalanan, bantuan dalam Pendidikan anak, bantuan sosial, bantuan dalam permudah mendapatkan infomasi kartu Identitas sebagai warga negara, perlindungan dari eksploitasi dan dalam pelaksanaan yang dijalankan oleh Yayasan ini mengedepankan prinsip-prinsip yang prinsip Kebebasan dan partisipasi, non-diskriminasi dan kepentingan terbaik anak. Dapat disimpulkan dalam proses pemenuhan yang dijalankan oleh Yayasan Al-Amanah Al-Irsyad Candi Sidoarjo telah menjalankan atau mengimplementasi dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, namun harus ada perubahan terkait pelaksanaan tersebut untuk diharapkan secara kompleks mengimplementasi undang-undang ini. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka penulis menyarankan: yang pertama adalah menghilangkan atau mengganti hukuman atau konsekuensi, yang diberikan kepada anak didik yang melanggar aturan tersebut Karena pemberian hukuman tersebut dapat mencederai dan akan menjadi ingatan yang cukup Panjang bagi mereka yang mendapatkan hukum tersebut. Yang kedua, Bagi Masyarakat diharapkan untuk selalu memberikan bantuan ataupun dukungan yang positif terhadap anak-anak jalanan tersebut. Dan yang ketiga, Untuk orang tua anak jalanan tersebut diharapkan mau memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfaries, Rifky Fahmirifkyfahmi01@gmail.com05040120135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily@uinsby.ac.id2026028101
Subjects: Anak Jalanan
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Perlindungan anak; hak anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Rifky Fahmi
Date Deposited: 13 May 2024 07:17
Last Modified: 13 May 2024 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70023

Actions (login required)

View Item View Item