Inovasi pengelolaan sampah organik menjadi eco enzyme melalui komunitas Bank Sampah di Dusun Pasinan Desa Singowangi Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Intani, Nabilah Putri (2024) Inovasi pengelolaan sampah organik menjadi eco enzyme melalui komunitas Bank Sampah di Dusun Pasinan Desa Singowangi Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Putri Intani_04010220013 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nabilah Putri Intani_04010220013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengorganisasian masyarakat yang terletak di Dusun Pasinan mengenai inovasi pengelolaan sampah organik melalui komunitas bank sampah “Singowangi Jaya 6” untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi yang tetap mengedepankan kepentingan kolektif. Penelitian ini berfokus pada pengelolaan sampah oragnik menjadi Eco Enzyme yang dapat meminimalisir pengeluaran petani dalam biaya pembelian pupuk pada sektor pertanian. Alasan peneliti memilih tema tersebut dikarenakan terdapat potensi yang belum dikembangkan secara optimal dan melihat bahwasanya di Dusun Pasinan memiliki banyak aset di bidang pertanian, selain itu penelitian ini juga merupakan keberlanjutan dari mata kuliah pemetaan yang telah dipelajari oleh peneliti. Dalam melaksanakan aksi, peneliti menerapkan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang focus pada pemanfaatan aset serta potensi sebagai landasan pengorganisasian dalam menciptakan sebuah perubahan. Langkah-langkah 5D, dimulai dari Discovery untuk menemukan dan mengungkap aset dan potensi, Dream untuk merancang strategi berdasarkan impian yang dibangun, Design untuk menyusun rencana aksi dari rancangan strategi, Define untuk melaksanakan aksi, dan Destiny untuk proses monitoring dan evaluasi. Perubahan yang terjadi setelah dilakukan pengorganisasian adalah adanya antusias masyarakat dalam berinovasi dengan membuat Eco Enzyme, terbentuknya struktur pengelolaan Eco Enzyme pada komunitas bank sampah “Singowangi Jaya 6”, serta adanya proses pemanfaatan Eco Enzyme pada sektor pertanian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Intani, Nabilah Putrinabilahputriintani@gmail.com04010220013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Lingkungan Hidup
Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; capacity building; eco enzyme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nabilah Putri Intani
Date Deposited: 14 May 2024 07:38
Last Modified: 14 May 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70038

Actions (login required)

View Item View Item