Pengaruh green marketing dan halal awareness terhadap purchase intention pada konsumen starbucks dengan brand image sebagai variabel mediasi: studi pada Coffee Shop Starbucks Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Wafiqotuzz (2024) Pengaruh green marketing dan halal awareness terhadap purchase intention pada konsumen starbucks dengan brand image sebagai variabel mediasi: studi pada Coffee Shop Starbucks Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wafiqotuz Zahroh_08020320065 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Wafiqotuz Zahroh_08020320065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulis melatarbelakangi bahwa kopi secara konsisten menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Bahkan, hal ini telah mendapatkan popularitas di semua kelompok sosial, khususnya di Indonesia. Budaya ngopi telah menjadi kebiasaan di negara ini, sehingga menjadikan peluang pengusaha untuk membidik pelanggan pecinta nongkrong dan kopi. Adanya kedai kopi membuka jalan bagi segmen yang sebelumnya tidak terlihat, seperti segmen perempuan. Dengan adanya ceruk pasar yang terjangkau, konsumsi kopi telah meningkat. Pada tahun 2017, kedai kopi yang dapat mencapai pasar mulai bermunculan. Beberapa merek kopi menawarkan harga mulai dari Rp 38.000,-dengan kemasan yang ramah lingkungan dan desain yang menarik seperti pada coffee shop “Starbucks. ”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak terhadap citra merek Starbucks dari pemasaran ramah lingkungan, kesadaran halal, dan niat membeli di kalangan pelanggan Starbucks. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Data primer yang diperoleh dari kuesioner yang bernilai positif pada skala pengukuran 1 sampai 5 merupakan jenis data yang digunakan. Dengan menggunakan teknik Sugiono, sebanyak 272 responden dijadikan sampel penyelidikan ini. Dalam penelitian Accidental Sampling, sampel dapat diambil dari siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti. Jenis pengambilan sampel ini dikenal sebagai pengambilan sampel aksidental. Peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis variance yaitu Partial Least Square(PLS) versi 3.2.9 untuk menilai alat dan hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, brand image dipengaruhi oleh green marketing. Kedua, brand image dipengaruhi oleh halal awareness. Ketiga, purchase intention dipengaruhi oleh green marketing. Keempat, purchase intention dipengaruhi oleh halal awareness. Kelima, puirchase intention dipengaruhi oleh bran image. Keenam, bran image berperan dalam memediasi hubungan antara purchase intention dan green marketing. Ketujuh, terdapat hubungan antara purchase intention dengan halal awareness yang dimediasi oleh brand image. Berdasarkan hasil penelitian maka perusahaan disarankan untuk memperhatikan upaya keberlanjutan yang telah lakukan. Upaya keberlanjutan ini harus bisa dirasakan oleh konsumen sehingga dapat tercipta brand image yang positif pada konsumen Starbucks. Terciptanya brand image yang positif dapat menciptakan ikatan kuat antara konsumen dan merek sehingga konsumen menjadi lebih berminat untuk membeli produk. Selain itu, perusahaan dapat menyelaraskan praktik bisnis yang dijalankan dengan membuat promosi atau kampanye yang menggabungkan aspek keagamaan dengan kesadaran lingkungan. Sehingga perusahaan tidak hanya dapat memikat pelanggan dengan kesadaran halal suatu produk namun juga dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dari konsumen itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Wafiqotuzzwafiazzahrah@gmail.com08020320065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSaifuddin, Muchammadsaifuddin@uinsby.ac.id0713038601
Subjects: Jual Beli
Pemasaran
Keywords: Green marketing; halal awareness; purchase intention; konsumen starbucks; brand image
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Wafiqotuz Wafiqotuz Zahroh Wafiqotuz Zahroh
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:01
Last Modified: 12 Jun 2024 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70043

Actions (login required)

View Item View Item