Islam dan kebangsaan dalam pandangan Sumanto Al Qurtuby: perspektif hermeneutika Hans Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrullah, Muhammad Afif (2023) Islam dan kebangsaan dalam pandangan Sumanto Al Qurtuby: perspektif hermeneutika Hans Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Afif Amrullah_E71218052 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Afif Amrullah_E71218052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Relasi antar Islam dan Kebangsaan perlu dikaji atau dirumuskan kembali terkait dengan kehidupan sosial-kemasyrakatan, karena hal ini menjadi penting karena maraknya intoleransi dan kekerasan di Indonesia. Penelitian mengambil jenis penelitian kualitatif dengan menggumpulkan data melalui kajian pustaka dengan sumber dan topik penelitian yang relevan dengan topik penelitian. Analisis data yang akan peneliti gunakan untuk mendiskusikan data temuan ialah hermenutika Hans Georg Gadamer. Dalam penelitian ini masalah utamanya adalah: pertama, bagaimana pandangan S. Qurtuby mengenai Islam dan Kebangsaan dalam konteks bangsa Indonesia. kedua, bagaimana makna pandangan S. Qurtuby tentang Islam dan kebangsaan di tinjau dari Hermeneutika Gadamer. Di tinjau dari perspektif pra-pemahaman Islam dan kebangsaan dalam pandangan Qurtuby memprioritaskan nilai-nilai kemanusiaan dari pada nilai-nilai ketuhanan, dan di sisi kebangsaan merupakan konsep tentang identitas nasional yang mencangkup kesatuan budaya, sejarah, bahasa, daerah, dan nilai-nilai yang melibatkan rasa solidaritas dan persatuan diantara anggota bangsa tersebut., sementara pada effective history agama merupakan bentuk dari perjalanan kehidupan manusia untuk menemukan eksistensi Tuhan, atau untuk mewakili rasa ketidaksanggupan, kesedihan, atau kehormatan untuk beradaptasi atau bertahan hidup dengan lingkungan sekitar, sedangkan pada fusion of horizon relasi antar agama, khususnya muslim-kristen, dialog adalah jalan terbaik untuk membangun hubungan harmonis dan toleran., dan aplikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrullah, Muhammad Afifafifmuhammadamru@gmail.comE71218052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Filsafat
Kerukunan Beragama
Negara
Pancasila
Keywords: Islam; Kebangsaan; Hermenutika Gadamer; Sumanto Al-Qurtuby.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: MUHAMMAD AFIF AMRULLAH
Date Deposited: 18 May 2024 05:31
Last Modified: 18 May 2024 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70049

Actions (login required)

View Item View Item