Analisis perbandingan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 757/Pdt.g/2022/Pn.Jkt.Pst dan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 230/Pdt/2023/Pt DKI terhadap sengketa administrasi pemilu menurut tinjauan fiqh siyasah qadhaiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizki, Moch. Kurniawan Alfa (2024) Analisis perbandingan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 757/Pdt.g/2022/Pn.Jkt.Pst dan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 230/Pdt/2023/Pt DKI terhadap sengketa administrasi pemilu menurut tinjauan fiqh siyasah qadhaiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Kurniawan Alfa Rizki_C94219090.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Moch Kurniawan Alfa Rizki_C94219090_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian hukum dengan judul “Analisis Perbandingan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 757/Pdt.G/2022/Pn.Jkt.Pst dan Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 230/Pdt/2023/PT.DKI Terhadap Sengketa Administrasi Pemilu Menurut Tinjauan Fiqh Siyasah Qadhaiyah”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab rumusan masalah Bagaimana analisis perbandingan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 757/Pdt.G/2022/PN.Jkt.Pst. dan Pengadilan Tinggi Jakarta Nomor 230/PDT/2023/PT DKI tentang sengketa administrasi Pemilu dalam hukum positif dan bagaimana analisis siyasah qadhaiyah terhadap kewenangan mengadili berdasasarkan perbandingan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 757/Pdt.G/2022/PN.Jkt.Pst. dan Pengadilan Tinggi Jakarta Nomor 230/PDT/2023/PT.DKI.Skripsi ini merupakan penelitian hukum normatif atau yuridis normatif. Untuk mengkaji isu hukum di atas, digunakan metode penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasusuntuk menemukan jawaban atas isu hukum yang dikaji. Dalam hal pengumpulan bahan hukum digunakan teknis studi kepustakaan yang diambil dari sumber-sumber bahan hukum yang representatif, bahan hukum bersumber dari perundang-undangan yang erlaku.Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 757/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst tidak sesuai dengan kewenangan absolut dari Badan Peradilan umum. hal ini didasarkan pada objek perkara yang mana disebutkan bahwa yang dipermasalahkan oleh Penggugat dalam keputusan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum tentang verifikasi partai politik sebagai peserta Pemilu 2024. Seharusnya penggugat menggunakan upaya hukum yang telah disediakan oleh Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 yaitu melalui bawaslu dan Pengadilan Tata Usaha Negara. Maka sudah tepat ketika Pengadilan tingkat banding membatalkan Putusan a quo karena bertentangan dengan hukum acara (formil) mengenai kompetensi badan peradilan. Penulis memberikan saran bahwa proses justicia terhadap perkara yang bersifat politis harus benar-benar dilakukan secara cermat karena adanya potensi masuknya pihak luar yang masuk ke dalam perkara a quo. Tidak hanya itu perkara tersebut juga memiliki akibat hukum yang luas bagi masyarakat karena berkaitan dengan tahapan pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024. Hakim tidak sepatutnya salah dalam menerapkan hukum acara (formil) mengenai kompetensi absolut peradilan yang jelas-jelas sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Maka kesalahan tersebut dapat diduga dipengaruhi oleh faktor eksternal non-yudisial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizki, Moch. Kurniawan Alfakurniawanalfarizki@gmail.comC94219090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahir, Mahirmahir@uinsby.ac.id2004127205
Subjects: Hukum > Hukum Perdata
Hukum > Hukum Tata Negara
Demokrasi
Keywords: Fiqh siyasah qadhaiyah; kewenangan mengadili
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: S.H Kurniawan Alfa Rizki
Date Deposited: 14 May 2024 05:30
Last Modified: 14 May 2024 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70064

Actions (login required)

View Item View Item