Struktur surah Al-Ahqaf dalam perspektif teori Semitic Rhetorical Analysis (SRA) Michel Cuypers

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudantia, Ditta Maya (2023) Struktur surah Al-Ahqaf dalam perspektif teori Semitic Rhetorical Analysis (SRA) Michel Cuypers. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ditta Maya Yudantia_02040521020 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ditta Maya Yudantia_02040521020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Segala sesuatu yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki rahasia yang menakjubkan baik dari pemilihan kata, kandungan makna bahkan struktur susunan Al-Qur’an juga menyimpan rahasia yaitu tentang bagaimana sebuah surah dapat membentuk kesatuan surah yang utuh meskipun dalam sebuah surah membahas tema yang berbeda-beda yang menjadikan Al-Qur’an terkesan berpindah tema tanpa arah. Hal ini menjadi senjata bagi para orientalis untuk melemahkan keotentikan Al-Qur’an dengan menganggap bahwa Al-Qur’an tidak tersusun secara sistematis dan tidak beraturan, diantara mereka adalah Theodore Noldeke, Nicolai Sinai dan Richard Bell. Richard Bell menganggap bahwa surah Al-Ahqaf tidak tersusun secara sistematis bahkan Ia mencoba untuk menyusunnya kembali sesuai dengan pendapatnya sendiri. Ia beranggapan bahwa penyebutan Jin pada ayat 29-31 tidak ada kaitanya dengan pembahasan pada ayat sebelumnya dan ayat 32-35 memiliki hubungan pada ayat diawal surah akan tetapi posisi mereka terisolasi dari pembahasan tema tersebut. Oleh sebab itu penulis mencoba untuk menampik pendapat tersebut dengan menganalisa surah al-Ahqaf melalui metode Semitic Rhetorical Analysis (SRA). Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library research) dengan sumbernya yang merujuk pada buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian, Kemudian dilakukan analisa dengan metode deskriptif analitik, yaitu penyelidikan dengan menggambarkan keadaan subjek dan objek penelitian dan menjelaskannya secara detail melalui kaca mata Semitic Rhetorical Analysis (SRA). Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa surah al-Ahqaf tersusun secara sistematis sebagi sebuah kesatuan surah yang utuh sesuai dengan prinsip SRA, sehingga tidak ada satu ayat pun yang terisolasi dari ayat lainnya dan penyebutan Jin memiliki maksut yang sesuai dengan pembahasan yang dibahas pada surah tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa implikasi SRA terhadap penafsiran tidak berseberangan dengan penafsiran dengan ulama tafsir. Dengan demikian, teori Semitic Rhetorical Analysis (SRA) dapat diterapkan untuk menganalisa struktur surah dalam Al-Qur’an meskipun metode ini tidak memberikan hasil yang absolut dan memiliki pandangan yang subjektif tergantung dengan aplikator yang menerapkannya. Namun demikian metode SRA bisa diapresiasi karena telah menyumbang khazanah keIslaman untuk memperkuat keotentikan Al-Qur’an

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudantia, Ditta Mayadittamaya321@gmail.com02040521020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abdulprof.dr.abdhadi99@gmail.com2018115501
Thesis advisorRohman, Abdurabdur.rohman@uinsby.ac.id2021110008
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Surah al-Ahqaf; Orientalis; Semitic Rhetorical Analysis (SRA)
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ditta Maya Yudantia
Date Deposited: 31 Aug 2024 15:44
Last Modified: 31 Aug 2024 15:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70072

Actions (login required)

View Item View Item