Pemaknaan hadis larangan perempuan menjadi pemimpin di Portal Markaz Sunnah menggunakan teori Double Movement

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Zakaria (2023) Pemaknaan hadis larangan perempuan menjadi pemimpin di Portal Markaz Sunnah menggunakan teori Double Movement. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakaria Ahmad_E95219102 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Zakaria Ahmad_E95219102 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai proses interaksi antara pemimpin dan pengikut untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini perempuan diurutkan sebagai second human being insan tingkat ke kedua yang memiliki posisi di bawah keutamaan pria. Perempuan biasanya tidak dianggap sebagai makhluk yang utama namun di era globalisasi yang modern ini perempuan banyak yang sukses mengemban amanah menjadi pemimpin sehingga penelitian ini menggali lebih jauh terkait makna-makna hadits yang dijadikan sebagai dasar penolakan perempuan menjadi pemimpin oleh media Markaz Sunnah. Penelitian ini memiliki fokus kajian tentang kritik sanad dan matan hadis serta ilmu ma’anil hadis yang digunakan untuk memaknai hadis secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif Teori Double Movement terhadap Hadis Larangan Perempuan Menjadi Pemimpin di Portal Markaz Sunnah. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif berdasarkan kajian kepustakaan yang mana pada proses penelitiannya menggunakan jurnal, buku, serta literatur lain dalam pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah hadis larangan perempuan menjadi pemimpin menurut teori double movement, diperbolehkan karena teori ini melihat faktor penyebab teks hadis larangan perempuan menjadi pemimpin. Sehingga jika perempuan mempunyai kapasitas untuk memimpin dan dicintai oleh masyarakat, maka diperbolehkan perempuan menduduki kekuasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Zakariae95219102@student.uinsby.ac.idE95219102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaidarahma@uinsa.ac.id2123017602
Subjects: Adab
Gender
Hadis
Keywords: Kepemimpinan Perempuan; Teori Living Hadis; Teori Kualitas dan Kehujjahan; Teori Pemaknaan Hadis; dan Teori Double Movement
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Zakaria Zakaria Ahmad Zakaria
Date Deposited: 17 May 2024 04:16
Last Modified: 17 May 2024 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70074

Actions (login required)

View Item View Item