Analisis pengaruh distribusi dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dan produk domestik regional bruto (PDRB) terhadap tingkat kemiskinan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2017-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Sevina Fitrotun (2024) Analisis pengaruh distribusi dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dan produk domestik regional bruto (PDRB) terhadap tingkat kemiskinan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2017-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sevina Fitrotun Nisa'_08020420075.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sevina Fitrotun Nisa'_08020420075_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

DIY merupakan suatu provinsi yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota dengan berbagai karakteristik dan sumber daya yang berbeda-beda. Tingkat kemiskinan pada provinsi DIY termasuk paling tingggi dibandingkan dengan provinsi lain yang ada di Pulau Jawa. Dengan melihat beberapa faktor yang mempengaruhi kemiskinan, diharap dapat membantu lembaga terkait dalam meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh distribusi dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi DIY baik secara parsial maupun simultan. Teknik analisis yang difunsksn ysitu dengan analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan software Eviews 12. Data yang digunakan yaitu data panel dengan 5 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi DIY dalam periode 2017-2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial distribusi dana ZIS tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan, sedangkan PDRB berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Dalam penelitian ini terdapat beberapa rekomendasi yang ditujukan kepaga pihak-pihak yang bersangkutan. Kepada pihak BAZNAS agar lebih mengedukasi masyarakat akan pentingnya membayar zakat. Sedangkan kepada pihak pemerintah agar terus mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan baik dan benar sehingga nantinya PDRB pada tiap tahunnya akan terus mengalami peningkatan. Pihak pemerintah juga diharapkan agar bisa mempertegas masyarakat dalam membayar zakat seperti halnya ketegasan dalam membayar pajak kepada negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Sevina Fitrotun08020420075@student.uinsby.ac.id08020420075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Ekonomi Islam
Kemiskinan
Zakat
Keywords: Distribusi ZIS; PDRB; kemiskinan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sevina Fitrotun Nisa'
Date Deposited: 15 May 2024 03:32
Last Modified: 15 May 2024 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70088

Actions (login required)

View Item View Item