Peran kelompok budidaya ikan dalam perekonomian masyarakat di Desa Kalanganyar Kabupaten Sidoarjo prespektif maqashid syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Mohammad Firman (2024) Peran kelompok budidaya ikan dalam perekonomian masyarakat di Desa Kalanganyar Kabupaten Sidoarjo prespektif maqashid syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad firman Maulana_G74219106.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mohammad firman Maulana_G74219106_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Kelompok Budidaya Ikan Dalam Perekonomian Masayarakat Desa Kalanganyar Kabupataen Sidoarjo Perspektif Maqashid Syariah” merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana peran kelompok budidaya terhadap pengoptimalan perekonomian yang dimiliki terhadap masyarakat Desa Kalanganyar kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian kali ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancaa, dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh dan diolah dan diuji menggunakan teknik triangulasi dan analisis sehingga menghasikan sebuah kesimpulan.Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat diketahui bahwa 1) kelompok budidaya ikan di desa kalanganyar yakni kelompok budidaya ikan mina mandiri sejahtera memiliki peran sebagai fasilitator yakni sebagai perantara penyaluran bantuan antara kelompok budidaya dengan pemerintah, selain itu juga berperan sebagai media atau wadah untuk saling bertukar pikiran dan informasi seputar kegiatan budidaya serta berperan sebagai penyedia lapangan pekerjaan bagi masyarakat. 2) adanya peran yang di hasilkan oleh kelompok pembudidaya ikan seperti halnya peran sebagai mediator ataupun perantara bagi para petani ikan maupun pedagang terwujudnya perekonomian yang di inginkan sehingga bisa memberikan peran terhadap kelompok yang didasarkan dengan nilai-nilai yang tertanam di maqashid syariah seperti halnya para kelompok petani Budidaya ikan Mina Mandiri Sejahtera yang bisa melakukan aktifitas seperti halnya melakukan berzakat fitrah, bersedakah hingga beramal jariyih, dengan adanya kelompok budidaya menambah benefit pengalaman baru, menambah wawasan, mengetahui bagaimana perkembangan ikan yang meningkat ataupun yang menurun. Sehingga bisa melakukan secara benar seperti yang tertanam di nilai-nilai maqashid syariah. Saran dalam penelitian ini bagi kedua bela pihak antara kelompok pembudidaya ataupun masyarakat yang mendapatkan pekerjaan dari adanya pembudidaya ikan. Mengadakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengn budidaya ikan sehingga deangan masyarakat dan juga kelompok ikan sering melakukan kegiatan work shop ataupun bazar UMKM maka akan semakin dilihat oleh pemerintah sehingga bisa menarik daya tarik bagi pemerintah untuk memberikan bantuan berupa benih ikan ataupun bantuan ekonomi yang bisa mendorong pengoptimalan perekonomian bagi para pembudidaya maupun masyarakat yang bekerja sebagai buruh atau penjual ikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Mohammad Firmanlanafirman565@gmail.comG74219106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Peran; kelompok budidaya ikan; perekonomua; masyarakat; Desa Kalanganyar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mohammad firman maulana
Date Deposited: 16 May 2024 02:13
Last Modified: 16 May 2024 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70095

Actions (login required)

View Item View Item