Implementasi kebijakan progam Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3) di KPU Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Suaisyah (2022) Implementasi kebijakan progam Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3) di KPU Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suaisyah Febrianti_I01218035 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Suaisyah Febrianti_I01218035.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan yang dilakukan oleh KPU Kota Surabaya dalam Progam Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana KPU Kota Surabaya berupaya dalam membantu mengimplementasikan Progam DP3 kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberikan pendidikan pemilih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari Penelitian ini diketahui bahwa KPU Kota Surabaya membantu jalannya pelaksanaan progam DP3 yang diperintahkan oleh KPU Provinsi seperti melaksanakan launching, pembekalan, dan pengukuhan kader DP3. Pola koordinasi antara KPU Surabaya dengan Kader DP3 berjalan secara efektif dengan menggunakan 3 metode yakni media telekomunikasi, media teks dan tatap muka. KPU Kota Surabaya bekerjasama dengan pemerintah Kota Surabaya karena keterbatasan anggaran dari KPU Pusat. Kader DP3 telah melakukan sosialisasi awal dan memberikan pendidikan pemilih ke masyarakat dengan harapan untuk meningkatkan literasi kepemiluan dan menumbuhkan kesadaran sebagai warga negara untuk ikut andil dalam setiap agenda Pemilu dan Pemilihan. Progam DP3 memiliki pengaruh untuk memberikan bantuan kepada KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih dengan mengandeng kader DP3 dari beragam basis pemilih yang tersebar di wilayah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Suaisyahsuaisyahfebrianti@gmail.comI01218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyuthi, Ahmadahmadasuyuthi@gmail.com197407212006041001
Subjects: Kebijakan Publik
Politik
Keywords: Kebijakan progam Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3); KPU Kota Surabaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: suaisyah febrianti
Date Deposited: 16 May 2024 04:39
Last Modified: 16 May 2024 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70122

Actions (login required)

View Item View Item