Wacana podcast login Boris bergamis bikin histeris: perspektif Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahdiyah, Naila Zahrun (2024) Wacana podcast login Boris bergamis bikin histeris: perspektif Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naila Zahrun Nahdiyah_03030420042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Naila Zahrun Nahdiyah_03030420042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan makna tentang ajaran – ajaran agama yang disampaikan oleh tiga tokoh penganut agama yang berbeda yaitu Kristen Protestan, Katolik, dengan Islam dalam dialog lintas agama pada podcast login episode 21 yang berjudul “Boris Bergamis Bikin Histeris”, dengan pembahasan podcast yang cukup menarik dan banyaknya pesan yang disampaikan oleh ketiga tokoh akan sangat menarik jika dikaji menggunakan sudut pandang analisis wacana kritis milik Van Dijk. Banyak sekali ajaran yang disampaikan oleh ketiga tokoh agama ini dalam podcast tersebut. Oleh karena itu selain karena dialog lintas agama yang pembahasannya cukup menarik, unik, dan juga menambah wawasan dari ketiga agama tersebut, ditambah dengan jokes yang disampaikan, dalam podcast tersebut mengandung pesan yang jika dibahas mengandung makna serta ajaran atau pesan jika dikaji menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data yaitu simak dan catat. Berdasarkan batasan permasalahan di atas, maka rumusan masalah yang akan diteliti adalah, bagaimana pesan teks podcast login “Boris Bergamis Bikin Histeris” menurut analisis wacana Teun A. Van Dijk?, bagaimana kognisi sosial podcast login “Boris Bergamis Bikin Histeris” menurut analisis wacana Teun A Van Dijk?, bagaimana konteks sosial podcast login “Boris Bergamis Bikin Histeris” menurut analisis wacana Teun A. Van Dijk? Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk yang menjabarkan wacana menjadi tiga jenis yaitu dimensi teks yang merupakan susunan struktur teks yang terdapat dalam teks , kognisi sosial yang merupakan pandangan, pemahaman serta kesadaran mental pembuat teks yang membuat teks, dan juga konteks sosial yang merupakan pengetahuan mengenai situasi yang berkembang dimasyarakat yang berkaitan atas suatu wacana. Model milik Van Dijk sering kali dipakai oleh para peneliti yang menekuni bidang discourse analysis. Analisis wacana model Van Dijk tidak hanya mengkaji, menganalisis sebuah teks namun juga mengidentifikasi bagaimana struktur sosial, dominasi, dan grup kekuasaan yang terdapat dalam masyarakat, dan bagaimana pikiran dan kesadaran yang membentuk dan berpengaruh terhadap teks yang dianalisis. Hasil dari strategi wacana model Teun A. Van Dijk peneliti menemukan bahwa informasi dalam setiap kalimat yang terdapat dalam podcast login yang berjudul “Boris Bergamis Bikin Histeris” berhubungan dengan kalimat lainnya, dan juga mempunyai unsur unsur koherensi didalamnya, sehingga terbentuklah struktur wacana yang berupa bentuk dan makna. Penyampaian informasi dalam podcast tersebut disajikan dengan gaya bahasa yang ekspresif dan sangat sederhana. Analisis wacana Van Dijk juga menangkap informasi bahwa dalam podcast tersebut mengadung beberapa persoalan terkait agama yang dapat terungkap dan masih bisa dibahas di zaman sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahdiyah, Naila Zahrunnailazaa5@gmail.com03030420042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Bahasa Indonesia
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Analisis wacana kritis; podcast; lintas agama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Naila Zahrun ujrik
Date Deposited: 20 May 2024 08:39
Last Modified: 20 May 2024 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70177

Actions (login required)

View Item View Item