Analisis kelayakan pembiayaan untuk mengurangi risiko pembiayaan bermasalah pada produk amanah di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robbania, Rifda Aisyah (2024) Analisis kelayakan pembiayaan untuk mengurangi risiko pembiayaan bermasalah pada produk amanah di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifda Aisyah Robbania_08040420158_Full.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Rifda Aisyah Robbania_08040420158.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2027.

Download (8MB)

Abstract

Tingginya tingkat risiko pembiayaan bermasalah pada produk Amanah di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya menyebabkan kenaikan NPF. Kenaikan tingkat NPF tersebut dapat ditanggulangi dengan cara mengurangi tingkat risiko yang disebabkan oleh nasabah yang mengajukan pembiayaan pada produk Amanah. Salah satu solusi untuk mengurangi tingkat risiko pembiayaan ialah dengan cara melakukan analisis kelayakan pembiayaan. Dalam praktiknya Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya menerapkan analisis kelayakan pembiayaan 5C + 1S, yaitu analisis yang meliputi penilaian melalui aspek Character, Capacity, Capital, Condition of economic, Collateral, dan Syariah untuk mengurangi risiko pembiayaan bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko pembiayaan bermasalah pada produk Amanah di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya, mendeskripsikan penerapan analisis 5C + 1S pada produk Amanah di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya, dan menganalisis dampak penerapan analisis 5C + 1S untuk mengurangi risiko pembiayaan bermasalah pada produk Amanah di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat risiko yang ditimbulkan oleh pembiayaan produk Amanah meliputi pembiayaan macet, hilang dan rusaknya unit kendaraan sebelum masa pelunasan, dan adanya nasabah yang meninggal sebelum masa pelunasan pembiayaan. Lalu berdasarkan penelitian di lapangan ditemukan fakta bahwa Pegadaian syariah Cabang Blauran Surabaya telah menerapkan analisis kelayakan pembiayaan 5C + 1S. Sementara itu dengan diterapkannya analisis kelayakan pembiayaan pada produk pembiayaan Amanah berdampak dengan menurunnya tingkat pembiayaan bermasalah di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya selama 2 tahun terakhir. Penelitian ini memberikan saran pada Pegadaian Syarah agar memaksimalkan analisis kelayakan pembiayaan dibarengi monitoring pasca pembiayaan, dan manajemen risiko agar dapat mengurangi risiko pembiayaan bermasalah pada pembiayaan produk Amanah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robbania, Rifda Aisyah08040420158@student.uinsby.ac.id08040420158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselvia.eka@uinsby.ac.id2030079304
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Analisis 5C + 1S; pembiayaan bermasalah; produk amanah; pegadaian syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rifda Aisyah Robbania
Date Deposited: 21 May 2024 01:26
Last Modified: 21 May 2024 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70195

Actions (login required)

View Item View Item