Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya bank titil dan dampaknya terhadap masyarakat dusun Sambeng desa Belahantengah kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Aulya Putri (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya bank titil dan dampaknya terhadap masyarakat dusun Sambeng desa Belahantengah kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulya Putri Maghfiroh_G71217059.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Aulya Putri Maghfiroh_G71217059_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Berkembangnya bank titil di dusun Sambeng, desa Belahantengah, kabupaten Mojokerto merupakan topik yang menarik sekaligus relevan untuk diteliti. Bank titil termasuk dalam bank non konvesional yang berada ditengah-tengah masyarakat dengan sifatnya yang secara personal bergerak menawarkan pinjaman kepada masyarakat secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik bank titil serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi berkembangnya bank titil di dusun Sambeng. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan terhadap kehidupan masyarakat yang terlibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, studi kepustakaan dan observasi. Dalam penelitian ini, subjeknya yaitu bank titil dan ibu rumah tangga yang menjadi nasabah bank titil. Uji keabsahan data pada penelitian ini melalui uji kredibilitas antara lain pengamatan, peningkatan ketekunan dan tringulasi. Analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa praktik bank titil sudah 10 tahun terakhir berkembang di masyarakat. Faktor berkembangnya bank titil yaitu karena adanya faktor ekonomi, faktor psikologis dan faktor sosial yang menyebabkan masyarakat melakukan pinjaman dari waktu ke waktu yang pada awalnya membantu perekonomian masyarakat. Namun, besarnya bunga yang diberikan juga menjadi permasalahan karena masyarakat harus melakukan berbagai cara untuk menutup angsuran yang sedang berjalan bahkan masyarakat juga gali lubang tutup lubang. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada pihak masyarakat agar lebih teliti sebelum melakukan pinjaman kepada pihak lembaga maupun perorangan mengingat dampak yang ditimbulkan terhadap keberlangsungan hidup masyarakat karena tingginya bunga yang diberikan oleh pihak bank titil. Selain itu, diharapkan pemerintah desa Belahantengah turut berperan dalam menangani maraknya fenomena bank titil yang terjadi di dusun Sambeng, desa Belahantengah kabupaten Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Aulya Putriputriaulya0@gmail.comG71217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi
Masyarakat
Perilaku
Keywords: Bank titil; kebutuhan; pinjaman; masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Aulya Putri Maghfiroh
Date Deposited: 28 May 2024 02:54
Last Modified: 28 May 2024 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70227

Actions (login required)

View Item View Item