Dana aspirasi sebagai bentuk Politik Patronase dalam memperkuat relasi antara Anggota DPRD Gresik dengan Masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Muhammad Ahsanul (2024) Dana aspirasi sebagai bentuk Politik Patronase dalam memperkuat relasi antara Anggota DPRD Gresik dengan Masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ahsanul Fuad_10010120014 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Ahsanul Fuad_10010120014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana bentuk politik patronase melalui dana aspirasi yang dilakukan oleh anggota DPRD Kabupaten Gresik dan bagaimana bentuk politik patronase ini dapat memperkuat relasi antara anggota DPRD Kabupaten Gresik dengan masyarakat bahkan memperluas konstituen mereka. Hal ini menjadi topik yang menarik mengingat banyak anggota dewan yang melakukan patronase politik melalui dana aspirasi untuk menguatkan relasi mereka dengan masyarakat, selain itu juga penelitian patronase politik yang berfokus pada dana aspirasi juga masih sedikit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Proses analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Triangulasi digunakan dalam proses pemvalidasian data yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teori yang digunakan untuk menjelaskan fenomena di atas adalah teori patronase yang dikemukakan oleh Edward Aspinall.Temuan penelitian ini: Temuan pertama, yakni bentuk-bentuk politik patronase melalui dana aspirasi diantaranya pertama Club Goods berupa pemberian sumberdaya material kepada kelompok masyarakat yakni terhadap pondok pesantren Ar-Roudloh dan masjid Jami’ Baitul Muttaqin, kedua Pork Barrel berupa adanya proyek pembangunan masjid Jami’ Baitul Muttaqin yang dijalankan oleh Bapak Husnul Vighan, ketiga Vote Buying berupa pembelian suara masyarakat menjelang pemilu yang bermodalkan dari dana aspirasi. Temuan kedua adalah keterkaitan politik patronase dalam memperkuat relasi DPRD dengan masyarakat, dimana dalam realitanya patronase politik melalui dana aspirasi tidak hanya memperkuat namun juga memperluas relasi anggota dewan dengan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Muhammad Ahsanulahsanulfuad492@gmail.com10010120014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Hubungan Masyarakat
Politik Internasional
Keywords: Dana Aspirasi; Politik Patronase; Relasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Ahsanul Fuad
Date Deposited: 28 May 2024 01:40
Last Modified: 28 May 2024 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70251

Actions (login required)

View Item View Item