Kenabian Maryam perspektif mufassir Andalusia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suwandi, Yasmin Karima Fadilla (2024) Kenabian Maryam perspektif mufassir Andalusia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasmin Karima Fadilla Suwandi_07070322140.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Yasmin Karima Fadilla Suwandi_07070322140_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat perbedaan pendapat di kalangan mufassir terkait status kenabian perempuan, khususnya Maryam. Beberapa mufassirseperti al-Alusi lebih memilih untuk menggolongkan Maryam sebagai wali Allah SWT. Namun, Ibnu Kathi>r dan al-Razi memiliki pendapat bahwa Maryam termasuk sebagai s}iddi>qah dan bukan nabi. Namun, Mufassir Andalusia memiliki pendapatnya sendiri dalam persoalan kenabian perempuan khususnya Maryam.Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah penafsiran mufassir Andalusia tentang ayat kenabian Maryam dan status kenabian Maryam. Objek penelitian terdapat dalam surah al-Baqarah ayat 253 dan Maryam ayat 19, yang didukung dengan penafsiran ayat lainnya seperti yang terdapat dalam surat Ali-Imra>n ayat 42. Adapun tujuan dari perumusan masalah ini untuk menemukan penafsiran mufassir Andalusia terhadap ayat kenabian Maryam yang berimplikasi pada bagaimana status kenabian Maryam menurut mufassir Andalusia. Permasalahan di atas bersifat penelitian kepustakaan, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis. Kedua metode ini digunakan untuk menjelaskan penafsiran mufassir Andalusia tentang surah al-Baqarah ayat 253 dan surah Maryam ayat 19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menurut mufassir Andalusia bersepakat tentang status kenabian Maryam karena keteguhan iman yang dimiliki Maryam, mengandung Isa, serta peristiwa Jibril yang mendatangi Maryam merupakan bukti kenabian Maryam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suwandi, Yasmin Karima Fadillayasminkarima2503@gmail.com07070322140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsa.ac.id2006075901
Subjects: Nabi dan Rasul
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Maryam; kenabian perempuan; mufassir Andalusia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yasmin Karima Fadilla Suwandi
Date Deposited: 27 May 2024 03:11
Last Modified: 27 May 2024 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70259

Actions (login required)

View Item View Item