Manajemen proyek unit bisnis properti pada lembaga sosial Islam: studi kasus NH Properti Yayasan Nurul Hayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dia, Maulud (2024) Manajemen proyek unit bisnis properti pada lembaga sosial Islam: studi kasus NH Properti Yayasan Nurul Hayat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulud Dia_04020420033.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Maulud Dia_04020420033_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen proyek pada NH Properti Yayasan Nurul Hayat Surabaya serta meninjau manajemen proyek yang dilakukan oleh NH Properti agar bisa lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik validitas data pada penelitian menggunakan trianggulasi sumber. Serta analisis data yang digunakan adalah teori dari Dhaniswara dan Imam Soeharto. Terdapat beberapa hasil dari pelaksanaan penelitian di NH Properti. Di NH Properti sudah terstruktur kepegawaiannya diantaranya direktur, manajer, manajer sdm, manajer keuangan, staff sdm, staff legal, staff accounting, staff kasir, project manajer properti, project manajer konstruksi, staff anggota konstruksi, vendor, dan tukang. Dimulai dari ketertarikan pemilik Yayasan Nurul Hayat Surabaya pada bidang properti membuat terbentuknya unit bisnis properti di Yayasan Nurul Hayat Surabaya yang bernama NH Properti. NH Properti terbentuk pada tahun 2020 yang dimana hanya menjalankan proyek internal Yayasan Nurul Hayat. Kemudian pada tahun 2021 mulailah membuka kerjasama dengan pihak luar yayasan. NH Properti saat ini telah memiliki lahan di Malang yang sudah menjadi milik NH Properti yang nantinya akan dijadikan sebuah perumahan dan Yayasan Pendidikan Khairunnas yang dikelola juga oleh Yayasan Nurul Hayat. Tidak hanya itu, NH Properti juga menyediakan jasa renovasi seperti rumah, dapur, kantor dan sebagainya. Manajemen proyek dari NH Properti diawali perencanaan, pengorganisasian, pemimpin, pengendalian, dan pendekatan. Sumber dana NH Properti itu berasal dari dana usaha yang dihasilkan dari beberapa unit usaha Yayasan Nurul Hayat. Setiap proyek yang mereka jalankan terdapat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan waktu penyelesaian yang sudah ditentukan sebelum proyek berjalan. NH Properti menggunakan metode fash and track dalam menyelesaikan proyek yang dijalankan. Standar Operasional Prosedur NH Properti juga sudah terbentuk dengan baik, misal penggunaan APD pada tukang. Saran dan rekomendasi dari peneliti itu kedepannya NH Properti memiliki ciri khas pada bangunan dengan tujuan menambah ketertarikan masyarakat untuk menggunakan jasa NH Properti, menggunakan metode CPM (Critical Path Method) yang dimana bisa menambah kefektifan dalam memanajamen waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu proyek dan terus memperbaiki sistem informasi manajemen yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dia, Mauludmaulludd@gmail.com0402042003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlham, Moh.moh.ilham@uinsa.ac.id2022019104
Subjects: Manajemen
Organisasi Masyarakat
Bisnis
Keywords: Manajemen proyek; bisnis properti; Lembaga sosial Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Maulud Dia
Date Deposited: 28 May 2024 01:39
Last Modified: 28 May 2024 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70263

Actions (login required)

View Item View Item