Tinjauan siyaasah dusturiyah terhadap implementasi hak politik penyandang disabilitas dalam uu no. 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum: studi pada pemilu 2019 di komisi pemilihan umum Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriah, Nur Lailatul (2023) Tinjauan siyaasah dusturiyah terhadap implementasi hak politik penyandang disabilitas dalam uu no. 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum: studi pada pemilu 2019 di komisi pemilihan umum Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatul Fitria_C94219099 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Lailatul Fitria_C94219099 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (5MB)

Abstract

Terdapat dua persoalan yang dibahas dalam skripsi ini : 1). Bagaimana implementasi hak politik penyandang disabilitas berdasarkan UU. No. 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, 2). Bagaimana tinjauan siyāsah dustūriyah terhadap implementasi hak politik penyandang disabilitas berdasarkan UU. No. 7 Tahun 2017 tentang pemilihian umum. Hal yang melatarbelakangi peneliti memilih kajian ini adalah sangat rentanya kelompok disabilitas dalam memenuhi hak politiknya. Kemudian, memutuskan Kabupaten Sampang sebagai lokasi. Studi penelitian dengan catatan 3 kali pada pemilu terakhir menjadi daerah rawan pelenggaran pemilu. Penelitian yang bertujuan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat, pemerintah, dan aparat penegak hukum tentang hak politik penyandang disabilitas ini menggunakan metode Penelitian hukum sosiologis (Sociological Jurisprudience) atau yang biasa dikenal sebagai penelitian hukum lapangan, yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang telah terjadi didalam kehidupan masyarakat. Tenik yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui wawancara dengan pihak serta dinas terkait yang diantaranya ialah KPU Kabupaten Sampang dan PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia). Kabupaten Sampang. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisa berdasrkan tinjauan siyāsah dustūriyah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan : pertama, KPU Sampang telah melakukan upaya-upaya dalam memenuhi hak politik penyandang disabilitas. Namun dengan upaya yang telah dilakukan, pemenuhan hak politik penyandang disabilitas masih belum sepenuhnya terealisasi dengan baik. Karena fakta di lapangan masih ada penyandang disabilitas yang merasa kurang puas dalam menyalurkan hak pilihnya. Kedua, pemilu yang direalisasikan oleh KPU Sampang sudah berdasarkan prinsip dan kajian siyāsah dustūriyah dengan dipertegas oleh penjelasan-penjelasan dalam Al-Qur’an dan Hadist serta kaidah-kaidah siyāsah dustūriyah. Selaras dengan hasil penelitian diatas juga terdapat saran yang diberikan oleh peneliti. Mulai dari pihak penyelenggara atau KPU yang harus benar-benar memperhatikan hak-hak penyandang disabilitas baik sejak tahapan-tahapan menuju pemilu hingga pelaksanaan pemilu berlangsung. Dukungan dari keluarga dan masyarakat sekitar yang harus sama-sama mensupport dan memahami bahwa keterbatasan fisik bukanlah aib atau halangan untuk mendapatkan hak yang sama seperti manusia normal pada umunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriah, Nur Lailatulnurlailafitria2@gmail.comC94219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaifuddin, Ahmadsafiudin@uinsby.ac.id2029129203
Subjects: Hak Asasi Manusia
Keywords: Penyandang disabilitas; Pemilu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nur Lailatul Fitria
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:22
Last Modified: 12 Jun 2024 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70340

Actions (login required)

View Item View Item