Peran UPTD PPA dalam implementasi permen pppa nomor 2 tahun 2022 terhadap pencegahan dan penanganan korban kekerasan seksual di bawah umur perspektif maqāṣid sharī’ah: studi di desa jemundo kecamatan taman kabupaten sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetyawan, Adik Haryanto (2024) Peran UPTD PPA dalam implementasi permen pppa nomor 2 tahun 2022 terhadap pencegahan dan penanganan korban kekerasan seksual di bawah umur perspektif maqāṣid sharī’ah: studi di desa jemundo kecamatan taman kabupaten sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adik Haryanto Prasetyawan_05020320026 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Adik Haryanto Prasetyawan_05020320026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Sepanjang tahun 2022 Provinsi Jawa Timur menempati urutan pertama kekerasan terhadap anak dengan jumlah kasus kekerasan terhadap anak sebanyak 1.811 kasus. Berdasarkan data dari SIMFONI PPA, Kabupaten Sidoarjo masuk dalam kota/kabupaten dengan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak pada urutan ketiga tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yakni, bagaimana peran UPTD PPA Kabupaten Sidoarjo dalam implementasi Permen PPPA nomor 2 tahun 2022 terhadap pencegahan dan penanganan korban kekerasan seksual di Bawah umur di Desa Jemundo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dan bagaimana peran UPTD PPA Kabupaten Sidoarjo dalam implementasi Permen PPPA nomor 2 tahun 2022 terhadap pencegahan dan penanganan korban kekerasan seksual di bawah umur perspektif maqāṣid sharī’ah. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yakni metode penelitian empiris yaitu penelitian yang menggunakan sumber data lapangan sebagai bahan untuk dilakukanya suatu kajian. Pada pengumpulan data, penulis menggunakan pendekatan hukum sosiologis (sociological jurisprudence). Sumber data primer didapatkan melalui hasil wawancara dengan beberapa narasumber di UPTD PPA dan masyarakat di Desa Jemundo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo kemudian data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis dan pola pikir induktif yang selanjutnya disusun secara sistematis. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, peran UPTD PPA Kabupaten Sidoarjo terhadap pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di bawah umur di Desa Jemundo telah sesuai dengan dalam implementasi Permen PPPA Nomor 2 Tahun 2022 yang diwujudkan dengan pembentukan forum PATBM yang melibatkan partisipasi masyarakat dengan tujuan utamanya yakni untuk menghapuskan kebiasaan yang dipandang tidak sesuai serta menciptakan pola-pola kelakuan baru di masyarakat. Kedua, upaya yang dilakukan UPTD PPA Kabupaten Sidoarjo dalam implementasi Permen PPPA Nomor 2 Tahun 2022 terhadap pencegahan dan penanganan korban kekerasan seksual di bawah umur telah sesuai dengan konsep Maqāṣid Sharī’ah, terutama dalam H}ifz} al-Nafs yang diwujudkan dengan memberikan perlindungan bagi korban kekerasan seksual serta pemberian pendampingan baik hukum, kesehatan maupun psikologis yang bertujuan untuk pemulihan kondisi dari korban. Adapun saran yang ditulis dalam penelitian ini yakni: pertama, perlu untuk bagi para orang tua atau para pengajar untuk memberikan edukasi seks sesuai dengan porsi dari anak tersebut. Kedua, penting bagi pihak UPTD PPA Kabupaten Sidoarjo serta Dinas P3AKB Kabupaten Sidoarjo untuk lebih memperluas cakupan daerah terkait program yang telah dilaksanakan seperti sosialisasi serta pembentukan PATBM karena dengan program tersebut menurut penulis sangat penting untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetyawan, Adik Haryantoadik.haryanto32@gmail.com05020320026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.hattamuhammad644@gmail.com2026107104
Subjects: Anak
Hukum Islam
Kekerasan
Keywords: Maqasid Shariah; Kekerasan Seksual ; UPTD PPA
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Adik Haryanto Prasetyawan
Date Deposited: 30 May 2024 02:27
Last Modified: 30 May 2024 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70342

Actions (login required)

View Item View Item