Efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E berbantu media kit magnet terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI MI Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarofani, Muti' (2024) Efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E berbantu media kit magnet terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI MI Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muti' Syarofani_06020720038.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muti' Syarofani_06020720038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI MI Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik pada materi magnet. kondisi ini disebabkan karena proses pembelajaran cenderung menggunakan metode konvensional, minimnya media pembelajaran yang digunakan, tidak mengaitkan materi pada kehidupan nyata, dan keterbatasan dalam menerapkan lagkah-langkah model learning cycle 5E, sehingga belum mencapai hasil yang diharapkan. Maka dari itu perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI khususnya pada mata pelajaran IPA. Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbantu media KIT magnet diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model learning cycle 5E berbantu media KIT magnet terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas VI MI Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dilakukan tes berupa essay sebanyak 10 butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian tipe pre eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan one group pretest posttest design dengan populasi berjumlah 20 dan menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perhitungan uji-t dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest (79,50) lebih besar dari pretest (71,70). Dari hasil uji dependent sample t-test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak Hi diterima. Hal ini berarti terdapat efektivitas penerapan model learning cycle 5E berbantu media KIT magnet terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas VI MI Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik. Hasil perhitungan effect size menunjukkan besarnya keefektivan model learning cycle 5E berbantu media KIT magnet sebesar 1,130 berkategori tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarofani, Muti'mutisyarofani08@gmail.com06020720038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmaol.com2007047501
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Model learning cycle 5E' media KIT magnet; berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email mutisyarofani08@gmail.com
Date Deposited: 31 May 2024 05:36
Last Modified: 06 Jun 2024 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70369

Actions (login required)

View Item View Item