Oportunis dalam perspektif hadis: kajian ma’ani al Hadith dalam kitab Sunan Tirmidhi No. Indeks 2189 dengan pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Erindha Dwi Erma (2023) Oportunis dalam perspektif hadis: kajian ma’ani al Hadith dalam kitab Sunan Tirmidhi No. Indeks 2189 dengan pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erindha Dwi Erma Rahayu_E95219073 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Erindha Dwi Erma Rahayu_E95219073 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Oportunis merupakan suatu sifat dalam diri seseorang yang mana sifat ini diartikan mementingkan diri sendiri, mencari keuntungan ataupun peluang yang mana keuntungan ini hanya untuk pribadi ataupun keluarga saja. Penelitian ini berfokus pada kajian penelitian kritik sanad dan kritik matan hadis dengan menggunakan ilmu ma'anil hadis untuk memaknai isi hadis tersebut. Penelitian ini mengangkat beberapa permasalahan yakni bagaimana kualitas dan ke-hujjahan hadis mengenai oportunis dalam perspektif hadis dalam riwayat Sunan At-Tirmidhi nomor indeks 2189, kemudian bagaimana cara kita bersabar dalam menghadapi orang-orang yang memiliki sifat oportunis, bagaimana implikasi pemaknaan hadis oportunis dalam tinjauan perspektif hadis dengan menggunakan pendekatan psikologi. Tujuan adanya penelitian ini yaitu, pertama, untuk meninjau kualitas serta kehujjahan hadis, kedua, memperoleh pemaknaan terhadap hadis tentang oportunis dalam tinjauan perspektif hadis dalam kitab Sunan At-Tirmidhi nomor indeks 2189, ketiga, mengetahui implikasi pemaknaan hadis mengenai oportunis dalam perspektif hadis dengan menggunakan pendekatan psikologi. Pada penelitian ini, menggunakan metode deskriptif analisis kemudian menggunakan metode library research yang mana prosesnya tentu menggunakan buku, jurnal, serta literatur lainnya untuk mengumpulkan semua data yang dibutuhkan. Kemudian di samping itu, pada penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi yang mana hal ini digunakan untuk melihat apakah orang yang memiliki sifat oportunis ini terganggu pikirannya atau memang sudah dari lingkungannya yang memang sudah individualis. Hasil akhir yang diperoleh pada penelitian ini yakni pertama, kualitas hadis tentang oportunis dalam perspektif hadis riwayat Sunan At-Tirmidhi nomor indeks 2189 memiliki derajat hadis h}asa>n s}ah}i>h}. Kedua, pemaknaan hadis tentang oportunis dalam perspektif hadis riwayat Sunan At-Tirmidhi nomor indeks 2189 mempunyai makna bahwa Rasulullah menyuruh sekalian umatnya untuk senantiasa bersabar tatkala menghadapi orang-orang yang mementingkan diri sendiri (oportunis) untuk keperluan pribadi, ketiga, implikasi hadis tentang oportunis dalam perspektif hadis dalam pendekatan psikologi dapat didefinisikan bahwasanya orang yang membentuk dirinya sendiri sebagai orang oportunis maka harus dibenahi pola pikirnya agar tidak merugikan orang yang ada di sekitarnya. Hadis ini berhubungan dengan problematika yang ada pada zaman kontemporer ini yakni mementingkan diri sendiri tanpa melihat lingkungan sekitar, dalam artian ingin menang sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Erindha Dwi Ermarindha.erahayu07@gmail.comE95219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Agama
Tafsir > Tasfir Hadis
Hadis
Tafsir
Keywords: Hadis; Oportunis; Psikologi; At-Tirmidhi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Erindha Dwi Erma Rahayu
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:00
Last Modified: 09 Jul 2024 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70388

Actions (login required)

View Item View Item